nusabali

Talkshow Wicara Rupa, FSRD ISI Denpasar Hadirkan Mitra MBKM Dunia Usaha dan Dunia Industri

  • www.nusabali.com-talkshow-wicara-rupa-fsrd-isi-denpasar-hadirkan-mitra-mbkm-dunia-usaha-dan-dunia-industri

MANGUPURA, NusaBali.com – Pameran Tugas Akhir Mata Kuliah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa semester VII Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (FSRD ISI) Denpasar di Park23 Creative Hub Kuta, 10-12 Januari 2023, juga menampilkan talkshow Wicara Rupa: Kampus, Mitra dan Karya.

Talkshow menghadirkan masing-masing dua perwakilan mitra dari setiap 7 program studi. Mitra-mitra yang dilibatkan tidak hanya mitra lokal, ada juga mitra yang bersifat nasional hingga luar negeri yang ikut kegiatan MBKM secara virtual. 

“Tetapi saat Memorandum of Understanding (nota kesepahaman), mitra datang langsung ke kampus dan tiga bulan yang lalu sudah dilakukan proses penandatanganan,” ujar Ketua Panitia, I Made Pande Artadi yang juga Dekan Bidang Akademik Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Rabu (11/1/2023) sore.

Talkshow juga diikuti mahasiswa semester V. Karena di semester VI nanti program MBKM juga ditawarkan untuk mereka. 

Salah satu mitra yang hadir yakni dari Wita Media, Agung Wijaya pada talkshow kali ini ia membahas seputar kegiatan 2 mahasiswa dari Prodi Fotografi Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar yang melakukan proses MBKM di perusahaannya. 

“Mahasiswa yang magang di tempat saya belajar tentang foto dokumentasi, wedding, lalu saya ajak mereka kerja di bidang videografi. Namun bagaimana caranya mereka bisa menghandle suatu pekerjaan yang bersifat profesional,” ujar Agung Wijaya. 

Agung Wijaya pun menerangkan kendala yang ia alami selama mendampingi mahasiswa adalah pada saat implementasi teori yang mereka dapat di bangku kuliah. 

“Kalau mereka itu rata-rata sudah bisa hanya saja perlu diasah dan antusias mereka sejauh ini sangat luar biasa. Dari awal saya sudah menanamkan komitmen kepada mereka dan harus konsisten hadir ke lokasi magang. Karena dengan menanamkan komitmen dan konsistensi kepada mereka maka mereka akan tahu seperti inilah dunia kerja sesungguhnya,” tutur alumnus Prodi Fotografi Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar tahun 2006 ini. 

Gelaran talkshow juga diiringi berbagai kegiatan seperti pertunjukan gitar akustik yang dibawakan oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain dan ada pula tarian kreasi yang dibawakan oleh mahasiswa Program Studi Seni Tari. *ris 





Komentar