nusabali

Politeknik Internasional Bali Luncurkan Tes Bahasa Inggris Daring

  • www.nusabali.com-politeknik-internasional-bali-luncurkan-tes-bahasa-inggris-daring

DENPASAR, NusaBali.com - Perkembangan pesat teknologi dewasa ini merambah hampir semua sektor termasuk pendidikan. Untuk melakukan tes kemampuan Bahasa Inggris misalnya, saat ini tidak harus dilakukan dengan mendatangi lokasi tes. Tes bisa dilakukan secara daring (dalam jaringan). 

Politeknik Internasional Bali (PIB) berkolaborasi dengan British Council EnglishScore Indonesia membangun pusat tes kemampuan Bahasa Inggris berstandar dunia yang dapat dilakukan secara daring. Peresmiannya juga dilakukan secara daring oleh Direktur Politeknik Internasional Bali, Prof Dr Ir Anastasia Sulistyawati MS MM MMis DTh PhD DAg, dari kampus PIB Jalan Pantai Nyanyi, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, Rabu (11/1/2023). 

Prof Sulistyawati mengatakan, kolaborasi ini merupakan salah satu langkah PIB menjadi lembaga pendidikan berstandar internasional. Diharapkan tes secara daring memudahkan para mahasiswa maupun siswa SMA/SMK yang ingin mengetahui level Bahasa Inggrisnya untuk keperluan melanjutkan pendidikan ataupun mencari pekerjaan. 

"Harapan saya keberadaan test centre ini dapat menjadi nilai tambah bagi lulusan PIB Bali serta dapat melayani publik dalam mengakses tes kemahiran berbahasa Inggris dengan lebih mudah," ujar Prof Sulistyawati. 

Wakil Direktur Politeknik Internasional Bali, Dr Paulus Herry Arianto MA CBC, menambahkan kolaborasi ini juga sebagai upaya pihaknya meningkatkan literasi Bahasa Inggris mahasiswa PIB maupun masyarakat luas.  

"Jujur kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa kita secara umum masih kalah jika dibandingkan negara-negara seperti Malaysia atau Filipina," ungkapnya. 

Paulus Arianto mengajak semua pihak untuk berkolaborasi memperbaiki literasi Bahasa Inggris di Indonesia. Menurutnya untuk meningkatkan literasi Bahasa Inggris di kalangan pelajar/mahasiswa diperlukan standar yang jelas untuk bisa mengukur kemampuan Bahasa Inggris kita saat ini. 

Khusus di Bali, sebagai daerah wisata internasional, Paulus mengatakan tidak perlu dipertanyakan lagi soal pentingnya kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Bali, ujarnya, membutuhkan SDM andal yang menguasai Bahasa Inggris dengan baik untuk menopang pembangunan pariwisata Bali. 

Sementara itu Country Manager British Council EnglishScore Indonesia Tony Hendra Gunawan menjelaskan, lembaganya berfokus pada pengembangan kemampuan Bahasa Inggris di Indonesia. Salah satu program British Council adalah British Council EnglishScore yang merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris secara online pertama di dunia. 

"Ini adalah the first mobile test and certificate of english for employment," ujar Tony. 

Dijelaskan, ada tiga tes yang ada di dalam EnglishScore, meliputi Core Skills Test (grammar, vocabulary, reading, listening), Speaking Test (pronounciation, fluency, communication), dan Writing Test (languange, organisation,  communication). 

"Tes-tes lain yang memang masih konvensional atau offline, tes kami full online dilakukan melalui mobile. Tingkat keamanannya pun kami bangga karena menggabungkan AI (Artificial Intelligence) dan human reviewer," jelas Tony.

Tony menyebut, sertifikat hasil tes EnglishScore juga sudah dapat dipergunakan untuk mencari pekerjaan maupun melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Komentar