nusabali

Mendag Waspadai Kenaikan Harga Pangan

  • www.nusabali.com-mendag-waspadai-kenaikan-harga-pangan

JAKARTA, NusaBali
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas mewaspadai kenaikan harga sejumlah bahan pangan jelang bulan suci ramadan.

Ia menyebut biasanya jelang bulan puasa harga bahan pangan yang naik, telur, cabai hingga bawang. Untuk telur, Zulhas mengatakan biasanya kenaikan harga terjadi karena permintaan yang tinggi. Di sisi lain produksi telur memang tidak bisa sekaligus banyak.

"Biasanya telur, kan telur enggak bisa dua (menetasnya). Kalau telur butuhnya dua sehari, telurnya tetap satu kan gitu (menetasnya)," kata dia saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, seperti dilansir detikcom, Selasa (10/1).

Sementara kenaikan harga cabai dan bawang, biasanya karena cuaca buruk. "Sama cabai, takut cuaca sama bawang," tambahnya singkat.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga dan minimnya pasokan jelang dan saat bulan puasa, Kementerian Perdagangan akan menyiapkan subsidi transportasi atau logistik. Namun ia meyakini produksi dalam negeri masih akan stabil.

"Kalau produksi kan stabil. Justru kalau kebutuhan cepat, harga tinggi itu pemerintah siapkan subsidi untuk transportasi dan harga," tutur Zulhas.

Sebagai informasi, bulan suci ramadan tahun ini diperkirakan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023. Artinya kurang lebih dua bulan lagi hari raya umat agama Islam itu berlangsung.

Biasanya, menjelang dan saat bulan ramadan tiba, sejumlah harga bahan pangan meningkat. Peningkatan itu terjadi karena tingginya permintaan dari masyarakat. *

Komentar