nusabali

75 Calon PPS Mangkir dari Seleksi CAT

Seleksi Diwarnai Server Down di Kecamatan Bebandem

  • www.nusabali.com-75-calon-pps-mangkir-dari-seleksi-cat

AMLAPURA, NusaBali
Seleksi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) se- Kabupaten Karangasem untuk Pemilu 2024, Selasa (10/1) diwarnai berbagai kendala. Dari 420 calon yang terdaftar sebagai peserta seleksi calon PPS, sebanyak 75 orang mangkir alias tidak mengikuti seleksi CAT (computer assisted test).

Sementara CAT calon PPS di Kecamatan Bebandem terjadi persoalan teknis yakni komputer error yang dipicu server down. Akibatnya peserta seleksi harus antre mengikuti CAT.

Di Kabupaten Karangasem akan diperebutkan sebanyak 234 kursi anggota PPS, yang akan bertugas di 75 desa dan 3 kelurahan. Masing-masing desa /kelurahan wajib merekrut 3 orang anggota PPS dan 3 orang cadangan sebagai pengganti antar waktu (PAW).

Informasi yang dihimpun NusaBali di Karangasem, ketidakhadiran calon PPS untuk mengikuti CAT disebabkan berbagai hal. Mulai alasan sedang sakit hingga alasan sedang bekerja. Sehingga dalam seleksi CAT kemarin, di beberapa desa dan kelurahan calon PPS yang hadir jumlahnya menjadi pas-pasan. Padahal panitia seleksi harus menyiapkan kandidat cadangan sebagai calon PAW.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana, mengakui adanya desa dan kelurahan yang pelamar PPS jumlahnya terbatas alias pas-pasan. Namun demikian, pihaknya menyiapkan strategi khusus mengantisipasi persoalan tersebut.

"Kita target peserta seleksi calon PPS memenuhi dulu kebutuhan 3 orang di setiap desa/kelurahan. Untuk memenuhi calon PAW, nanti akan direkrut lagi secara mandiri oleh KPU. Hal ini dibolehkan, karena memang telah diatur oleh PKPU,” ujar Krisna Adi.

Sementara kasus komputer error sedikit menganggu jalannya seleksi CAT di Kecamatan Bebandem. Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu KPU Karangasem, I Putu Darma Budiasa yang bertugas di Kecamatan Bebandem mengatakan, peserta seleksi terpaksa mengikuti CAT secara bergantian. “Ruangan seleksi sudah kita bagi menjadi dua ruangan. Namun satu ruangan server down, sehingga peserta seleksi CAT harus menunggu giliran yang lainnya kelar,” ujar Darma Budiasa saat dihubungi usai mengawasi seleksi CAT calon anggota PPS di Gedung SMAN Bebandem, Banjar Yeh Bunga, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Selasa (10/1). *k16

Komentar