nusabali

Pasien Rawat Jalan RSUD Sanjiwani Naik 100%

  • www.nusabali.com-pasien-rawat-jalan-rsud-sanjiwani-naik-100

Sebagai rumah sakit rujukan di Bali timur, peningkatan pasien sering terjadi di RSUD Sanjiwani.

GIANYAR, NusaBali
Sejak awal Tahun 2023, kedatangan pasien rawat jalan ke poliklinik RSUD Sanjiwani, Gianyar meningkat 100%. Salah satu faktor penyebabnya adalah peralihan pasien BPJS Kesehatan yang biasanya berobat di RSU Famili Husada. Pada tahun 2023 ini, RSU Famili Husada sudah putus kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kabid Umum dan Humas RSUD Sanjiwani I Dewa Ayu Yuni Betharani mengatakan, sebelum mendapatkan pasien eks RSU Famili Husada, rata-rata pasien rawat jalan ke RSUD Sanjiwani sebanyak 300 sampai 400 orang per hari. Saat ini mencapai 600-an orang. Meskipun jumlahnya naik dua kali lipat, Dewa Ayu Yuni menegaskan tidak mengubah atau mengganggu sistem pelayanan. Sebagai rumah sakit rujukan di Bali timur, peningkatan pasien sering terjadi di RSUD Sanjiwani. “Pelayanan tidak terganggu, pasien dilayani dengan baik,” ujar Dewa Ayu Yuni, Selasa (10/1).

Plt Kadis Kesehatan Gianyar, Ni Nyoman Ariyuni mengatakan, meningkatnya kunjungan pasien di RSUD Sanjiwani bukan sepenuhnya disebabkan eks pasien RSU Famili Husada. “Secara umum kunjungan pasien di rumah sakit seperti RSU Kasih Ibu, RSU Arisanti, RSU Ganesha, RSU Premagana, RSUD Payangan, dan RSUD Sanjiwani mengalami peningkatan,” ujar Ariyuni. Kenaikan jumlah pasien diduga disebabkan faktor cuaca. Banyak masyarakat sakit karena cuaca tak menentu.

Ariyuni meminta pelanggan BPJS Kesehatan memanfaatkan semua rumah sakit yang ada di Gianyar agar tidak menumpuk di satu rumah sakit. Tujuan lainnya agar pelayanan maksimal. “Pasien yang dulu ke RSU Famili Husada bisa mendapatkan rujukan ke semua rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS di Kabupaten Gianyar,” ujar Ariyuni. *nvi

Komentar