nusabali

Adi Arnawa Dorong Optimalisasi Balai Benih Utama

Inginkan Pertanian jadi Sektor Unggulan Badung

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-dorong-optimalisasi-balai-benih-utama

MANGUPURA, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, berkomitmen mengoptimalkan kinerja Balai Benih Utama (BBU) dalam memproduksi bibit padi dan palawija untuk dibagikan kepada para petani di seluruh wilayah Kabupaten Badung.

Hal ini guna mendorong sektor pertanian menjadi sektor unggulan di Gumi Keris. Demikian diungkapkan Adi Arnawa saat mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam kegiatan menjalin silaturahmi Tahun Baru 2023, sekaligus melakukan evaluasi kinerja jajaran Dinas Pertanian dan Pangan di UPT BBU, Banjar Tegal Narungan, Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi, Selasa (10/1). “Kita tahu sektor pertanian merupakan sektor yang basic sekali, karena bagaimanapun juga sektor pertanian menjadi yang utama dalam ekosistem kehidupan kita. Oleh karena itu, saya memastikan kepada seluruh pegawai untuk menunjukkan kinerja dengan membuat terobosan termasuk membuat produksi pangan,” ujarnya.

Adi Arnawa juga menyampaikan, dalam rangka mewujudkan diversifikasi pendapatan daerah, Pemkab Badung berkomitmen mengakselerasi pembangunan di sektor pertanian agar mampu memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah selain dari sektor pariwisata. Menurutnya, yang diharapkan dari sektor pertanian adalah mampu menghasilkan produk yang laku di pasaran dalam rangka untuk menahan laju inflasi khususnya di Badung.

“Kita juga sedang mendorong bagaimana agar Badung ini punya sentra produksi beras. Selama ini produk beras, kita beli dari daerah lain. Ke depannya kita tidak mau seperti itu lagi. Kita harus mampu produksi beras sendiri yaitu beras Badung. Termasuk bila perlu kita juga mengambil hasil produksi padi di luar daerah untuk kita jadikan produksi beras di Badung,” tegas Adi Arnawa.

“Kalau ini bisa kita lakukan, tentunya harapan Bapak Bupati dalam rangka menyejahterakan petani dan masyarakat dan mewujudkan ketahanan pangan, bisa kita lakukan,” ucap mantan Kepala Dispenda Badung ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana, mengatakan sengaja mengundang pimpinan daerah dan seluruh jajaran Dinas Pertanian dan Pangan untuk hadir ke BBU Sobangan dalam rangka menguatkan sinergi, tali silaturahmi sekaligus menyukseskan komitmen  bupati untuk mendorong kemajuan sektor pertanian Kabupaten Badung. “Melalui kegiatan ini kami ingin menerjemahkan komitmen Bapak Bupati untuk mendorong sektor pertanian menjadi sektor unggulan. Salah satunya melalui optimalisasi potensi BBU dalam menyiapkan benih berkualitas untuk petani,” katanya.

Di sisi lain, lantaran tahun ini akan banyak penyuluh yang masuk masa pensiun, Wijana memohon agar Sekda membantu Dinas Pertanian dan Pangan dalam menambah pegawai teknis. “Kami mohon kepada Pak Sekda agar bisa dibantu dan diupayakan diberikan tambahan tenaga teknis untuk menyukseskan program Bapak Bupati, khususnya di bidang pertanian sekaligus meningkatkan pelayanan kami pada masyarakat,” tegasnya. *ind

Komentar