nusabali

Tabanan Ingin Porprov Digelar 2025

  • www.nusabali.com-tabanan-ingin-porprov-digelar-2025

TABANAN, NusaBali - KONI Tabanan berharap gelaran Porprov Bali XVI digelar pada 2025. Harapan itu agar persiapan KONI Kabupaten/Kota lebih panjang, matang dan maksimal. Jika digelar sebelum 2025, paling cepat harus digulirkan pada 2024.

"Kalau kita paksakan digelar pada tahun 2024 sesuai siklus Porprov Bali setelah Porprov Bali XV/2022, itu durasi yang paling cepat, alangkah lebih baiknya kita pilih tahun 2025 saja," kata Ketum KONI Tabanan, Made Nurbawa, Senin (2/1). 

Menurut Nurbawa, sesuai siklus Porprov memang seharusnya digelar pada 2024 . Menurut Nurbawa yang perlu menjadi perhatian adalah kesiapan pembinaan atlet dan penganggaran itu sendiri. Sebab, tahapan Porprov seharusnya dimulai lagi dari sisi penganggaran. Meski tahun 2023 ini tidak ada celah pengadaan Porprov karena sudah selesai ketok palu. 

"Jika ingin persiapan lebih matang, Tabanan cenderung memilih Porprov dihelat pada tahun 2025 nanti," kata Nurbawa, yang juga mantan Sekum KONI Tabanan. 

Untuk itu Nurbawa berharap tetapkan saja waktu pelaksana. Porprov agar daerah bisa melakukan persiapan lebih terarah. Menurutnya, hal itu kan baru sebatas usul, KONI Bali kan belum menyikapi jadwal gelaran Porprov. 

“Karena belum diputuskan kapan dilaksanakan, jelas akan mempengaruhi terkait rencana persiapan KONI Kabupaten/Kota," kata Nurbawa. 

Nurbawa menyebutkan pengalaman Porprov Bali XV/2022 itu persiapan anggaran kurang dari satu tahun, sehingga berimbas tidak maksimalnya persiapan. Menurutnya, banyak daerah melakukan persiapan tidak berimbang dibandingkan dengan daerah lainnya, terutama yang mengalami permasalahan klasik soal terbatasnya anggaran. 

Sementara itu ditempat terpisah Binpres KONI Bali, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka mengakui belum ada pembicaraan yang mengarah gelaran waktu Porprov Bali. Menurutnya, karena pesta olahraga multi event dua tahunan antar Kabupaten/Kota, baru saja berakhir hitungan 27 November 2022 lalu. 

"Kapan pelaksanaan untuk Porprov selanjutnya memang belum kita bahas dengan pengurus. Saya pastikan itu akan dibahas setelah pembahasan untuk persiapan Pra PON pada awal tahun 2023 ini," kata  pria yang biasa disapa Gung Cok itu. dek

Komentar