nusabali

Songsong Raimuna 2023, Kwarcab Evaluasi Kegiatan 2022

  • www.nusabali.com-songsong-raimuna-2023-kwarcab-evaluasi-kegiatan-2022

AMLAPURA, NusaBali - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem, menggelar evaluasi kegiatan selama tahun 2022. 

Evaluasi ini sekaligus persiapan menghadapi Raimuna, pertemuan anggota Pramuka Penegak dan Pandega Tingkat Nasional, rencananya terlaksana di Papua, Juni 2023.

"Kami mempersiapkan peserta untuk ikut Raimuna 2023, di samping melakukan evaluasi kegiatan Gerakan Pramuka tahun 2022," jelas Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem Ida Bagus Putu Suastika, di Gedung Pramuka, Jalan Diponegoro Amlapura, Senin (2/1).

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem Ida Bagus Putu Suastika memimpin acara evaluasi akhir tahun. Turut mendampingi, Wakil Ketua Organisasi dan Hukum Kwarcab I Wayan Sarya, Wakil Ketua Bina Anggota Dewasa Kwarcab Ni Wayan Parwati, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang I Made Agung Ariyasa, dan para pembina lainnya.

Ida Bagus Putu Suastika menekankan, raimuna tersebut merupakan pertemuan anggota pramuka dari kwartir daerah terbaik se-Indonesia, terselenggara setiap 4 tahun sekali. 

Jelasnya, raimuna bertujuan untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai filsafat Pancasila dan agama, jiwa perjuangan 1945. Selain itu sebagai wahana menjalin persahabatan dan kekeluargaan antar wakil kwarda, melakukan pertukaran seni dan budaya, mengasah jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan, juga menggelar perkemahan wirakarya.

Titik berat nanti mempertebal mental, menguatkan fisik, dan pengetahuan ketrampilan. Terakhir raimuna terlaksana di Cibubur, Jawa Barat tahun 2017. "Kali ini agendanya di Papua, hanya saja masalah tempat masih jadi pertimbangan, karena faktor keamanan," jelasnya.

Sedangkan evaluasi kegiatan gerakan pramuka yang terlaksana selama tahun 2022, menurut I Wayan Sarya,  agar di tahun 2023, mengoptimalkan kegiatan, sehingga kemampuan anggota gerakan pramuka lebih berkualitas. 

"Nanti ada agenda kunjungan  ke gudep-gudep (gugus depan)," jelas I Wayan Sarya yang juga Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) SMPN 2 Abang.

Di samping itu katanya lebih mengoptimalkan kerjasama antara Kwarcab dengan Kwaran (Kwartir Ranting), kemudian Kwartir Ranting agar lebih optimal membina gudep di wilayahnya. Sebab, kegiatan gerakan pramuka berawal dari gudep, selanjutnya di tingkat kwartir rating. "Misalnya untuk merekrut peserta Raimuna Tingkat Nasional, melalui kegiatan Raicab (Raimuna Cabang), kemudian ke Raida (Raimuna Daerah)," jelasnya.

Di samping itu pentingnya dalam melakukan pembinaan, agar anggota Pramuka mengerti struktur organisasi dan pengetahuan bidang kepramukaan. Misalnya, di tingkat sekolah pemimpinnya Kamabigus, membawahi pembina gudep, kemudian pembina gudep membawahi dewan kehormatan penegak, dan lain-lain. 

Kesemuanya itu berpedoman pada Dasa Darma Pramuka, merupakan sikap dan kode kehormatan yang wajib ditaati anggota pramuka. Amanatnya 10 norma yang terkandung di dalamnya yang merupakan penjabaran dari butir-butir Pancasila.7k16

Komentar