nusabali

Angin Kencang, Pohon Bertumbangan di Badung

  • www.nusabali.com-angin-kencang-pohon-bertumbangan-di-badung

BPBD mengimbau agar masyarakat waspada di tengah cuaca ekstrem saat ini.

MANGUPURA, NusaBali
Cuaca ekstrem berupa angin kencang pada Senin (2/1) sore mengakibatkan pohon bertumbangan di beberapa titik wilayah Kabupaten Badung. Pohon tumbang selain mengganggu lalu lintas, juga mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak. Beruntung tak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Berdasakan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung, angin kencang terjadi sekitar pukul 15.30 Wita mengakibatkan sebuah pohon aren tumbang menimpa dapur dan palinggih milik warga di Banjar Sintrig, Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal. Pohon tumbang juga menutup akses jalan warga di Banjar Piakan. Kemudian pohon tumbang juga terjadi di sebelah barat jembatan Taman, akses Sibanggede menuju Pura Aban Darmasaba tertutup akibat pohon jati tumbang. Kemudian di Jalan Tanah Ayu Gang Malen, pohon tumbang mengakibatkan akses keluar masuk warga tertutup sebagian. Serta di Jaba Pura Taman Beji Dalem Gede, pohon aren tumbang menutup akses warga yang beraktivitas di pemandian umum.

Sedangkan di Lingkungan Gadon, Kelurahan Kerobokan Kaja, Kecamatan Kuta Utara, atap Kantor Ganesha Education diterbangkan angin kencang. Beruntung, korban jiwa nihil. 

Di Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi ada dua lokasi pohon tumbang yakni di Banjar Tengah dan Lingkungan Grokgak, akibat arus lalu lintas di kawasan tersebut sempat terganggu. Sebuah pohon tumbang juga menimpa rumah warga milik warga di wilayah Panglan, Kelurahan Kapal. Akibatnya, salah satu atap ruangan di rumah warga tersebut hancur dan reruntuhannya mengenai barang-barang di dalamnya. Sementara di Desa Munggu, dahan beringin patah hampir mengenai palinggih di Pura Prajapati Dalem Tunon. Namun, menurut Perbekel Munggu Ketut Darta, dahan beringin yang patah membuat satu buah traffic light rusak. Hingga saat ini, tim dari desa sudah bergerak membersihkan dengan bantuan dari instansi terkait.

Foto: Pohon aren tumbang menimpa dapur dan palinggih milik warga di Banjar Sintrig, Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal. -IST

“Saat ini (kemarin) akses jalan sudah bisa dilalui. Kami dari desa sudah melakukan pemotongan. Namun alat kami sederhana, sehingga kami meminta bantuan Dinas LHK untuk memotong dahan dengan alat yang mampu memotong dahan yang sulit dijangkau,” ujarnya sembari menyebut di Munggu juga ada kejadian pohon nangka tumbang menimpa rumah warga. 

Kalaksa BPBD Badung I Wayan Darma, mengatakan pihaknya bersama instansi terkait dan juga tim dari desa tengah berjibaku untuk penanganan di berbagai titik bencana. Penanganan dilakukan segera, karena ada beberapa akses jalan terganggu. Dia mengimbau agar masyarakat waspada di tengah cuaca ekstrem saat ini. Warga pun diimbau ikut berpartisipasi dengan menginformasikan, di mana ada titik bencana. “Kami mengharapkan semua yang melakukan aktivitas di jalan agar waspada,” ujarnya. 7 ind

Komentar