nusabali

FSRD ISI Denpasar Gelar Pameran Tugas Akhir di Park23 Creative Hub

  • www.nusabali.com-fsrd-isi-denpasar-gelar-pameran-tugas-akhir-di-park23-creative-hub

MANGUPURA, NusaBali.com – Sebanyak 230 mahasiswa semester VII Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (FSRD ISI) Denpasar memamerkan hasil karya tugas akhir mereka di Park23 Creative Hub di Jalan Kediri, Kuta, Badung, Selasa (10/1/2023).

Ketua Panitia I Made Pande Artadi mengatakan peserta dari gelaran ini merupakan mahasiswa semester VII Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar yang terdiri dari 24 mahasiswa dari Program Studi Seni Murni, 6 orang dari Program Studi Seni Kriya, 38 orang dari Program Studi Desain Interior, 78 orang dari Program Studi Desain Komunikasi Visual, 16 orang dari Program Studi Fotografi, 46 orang dari Program Studi Desain Mode, dan 18 orang dari Program Studi Film dan TV. 

Pameran yang dilangsungkan hingga Kamis (12/1/2023) merupakan diseminasi Mata Kuliah Merdeka Belajar (MBKM) Kampus Merdeka yang diikuti oleh seluruh mahasiswa semester VII sekaligus rangkaian tugas akhir mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut ISI Denpasar yang diselenggarakan reguler setiap semester. 

Berbeda dari tahun sebelumnya yang digelar secara online akibat pandemi Covid-19, tahun ini bisa digelar secara offline sebagai upaya memberikan pengalaman baru bagi seluruh mahasiswa untuk memperkenalkan berbagai karya seni dan desain yang lahir berdasarkan program MBKM. 

“Kegiatan program perkuliahan MBKM itu adalah program perkuliahan yang memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengecap ilmu di luar kampus bersama mitra. Jadi mitra-mitra industri yang membimbing mahasiswa dalam satu semester sehingga melahirkan karya-karya yang tentunya didasarkan dengan proyek nyata,” ujar I Made Pande Artadi, Selasa (10/1/2022) sore.

Mahasiswa yang sudah membawa hasil karya tugas akhirnya pada gelaran ini,  memerlukan waktu sekitar 16 minggu atau dalam satu semester selama 6 bulan lamanya. 

Selama rentang waktu tersebut, mahasiswa diberikan waktu untuk berkarya menjadikan proyek nyata bersama mitra perusahaan yang juga dalam bimbingan para dosen akademisi ISI Denpasar. Ia pun berharap gelaran diseminasi ini tidak hanya sekadar pameran tetapi diadakan pula gelaran lain seperti talkshow.

Antusias dari para mahasiswanya pun ia anggap mengalami sebuah peningkatan dan menjadi sebuah peluang untuk para mahasiswanya nanti ketika sudah lulus dari  Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

“Pertama karena kegiatan tugas akhir ini melibatkan praktisi, ketika dia terlibat di praktisi maka dia bisa membaca peluang-peluang usaha yang nantinya memungkinkan bagi mereka setelah menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar. Jadi ruang-ruang usaha yang dibaca mahasiswa itu sangat beragam, dari berbagai ilmu yang beririsan. Sehingga peluang usaha yang ditawarkan oleh mahasiswa itu sebagai lulusan ISI Denpasar lebih beragam,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Anak Agung Gde Bagus Udayana mengatakan karya anak didiknya sangat bervariasi dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dari hasil pembelajaran di kampus. 

“Jadi sekarang mereka bisa menyelesaikan studinya selama 3,5 tahun. Karya yang dipamerkan oleh mereka pun semua terkait dengan pilihan mereka selain dengan program yang kami tawarkan pada Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka,” ujar Bagus Udayana.

Bagus Udayana pun berharap anak didiknya dapat menyelesaikan pendidikannya dan memamerkan hasil-hasil karyanya.

“Arahnya ke depan mereka memiliki tujuan dari yang sudah menyelesaikan kuliah sarjananya bisa melanjutkan ke S2. Kebetulan kami ada S2 Desain dan S2 Seni jadi bisa juga mereka mengembangkan talenta dan bakatnya di bidang seni desain sehingga mereka bisa bersaing di Bali atau dunia nasional maupun internasional,” harapnya.

Hadir pula Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni ISI Denpasar, AA Rai Remawa yang mengapresiasi gelaran serta karya anak didiknya yang dipamerkan di Park23 Creative Hub.

“Adik-adik mahasiswa semua harus tetap bekerja keras, berjuang dan tetap kreatif. Karena hasil MBKM ini saya yakin sekali bahwa adik-adik bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dari pengalaman yang didapatkan di bangku kuliah,” ujar  AA Rai Remawa.

Di sisi lain, Manajemen Park23 Creative Hub, Youke Darmawan menyampaikan terima kasihnya karena pihak ISI Denpasar terutama Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar telah mempercayakan gelarannya pameran tugas akhir anak didiknya berlangsung di Park23 Creative Hub. 

“Kita harus melihat potensi pengembangan Indonesia, berbagai potensi dari ekonomi kreatif dan saya yakin dengan adanya kerja sama ini kita bisa menjadikan masa depan yang luar bisa bagi adik-adik ISI Denpasar. Mari kita bersama berkolaborasi bergandeng tangan, untuk mengangkat potensi bali yang luar biasa,” papar Youke Darmawan. *ris






Komentar