nusabali

Pencarian 2 Wisman Hanyut di Diamond Beach Diperpanjang

  • www.nusabali.com-pencarian-2-wisman-hanyut-di-diamond-beach-diperpanjang

SEMARAPURA, NusaBali
Masa pencarian terhadap Yury Chernyavskiy, 36, asal Jerman, dan Matthias Mittringer, 42, asal Austria yang terseret arus di Diamond Beach di  Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung pada Selasa (3/1) diperpanjang.

Tim search and rescue (SAR) gabungan juga telah memperluas wilayah penyisiran hingga selatan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), namun hasilnya nihil.

Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada menyampaikan, upaya pencarian terhadap dua orang wisatawan asing itu telah berlangsung selama tujuh hari pada Senin (9/1). Menurutnya, cuaca yang buruk turut menghambat proses pencarian. Ia menyebut ketinggian gelombang laut bisa mencapai 4 meter.

"Hari sebelumnya kami coba upayakan pergerakan arus menuju ke selatan dengan RIB hampir mendekati Crystalbay Nusa Penida," kata Darmada.

Berdasarkan hasil evaluasi tim SAR, operasi pencarian akan dilanjutkan satu hingga dua hari lagi. Keputusan ini telah melalui berbagai pertimbangan dan situasi di lapangan.

Jika tidak ditemukan tanda-tanda, operasi SAR akan dihentikan. Namun bila ada tanda-tanda atau informasi masyarakat yang melihat korban, maka upaya pencarian akan diaktifkan.

Seperti diketahui, dua wisatawan asing ini terseret ombak pada Selasa (3/1/2023) saat berenang di Diamond Beach. Dua turis ini sempat menyelamatkan kawannya yang juga hanyut. Namun setelah berhasil menyelamatkan kawannya, justru Yury C dan Matthias M yang terseret arus.

Tim SAR gabungan di Nusa Penida kemudian melakukan pencarian dengan membagi tim dalam dua kelompok, yakni di laut dan darat. Pencarian pun dioptimalkan hingga ke selatan Nusa Penida di tengah gempuran cuaca yang buruk selama sepekan. *

Komentar