nusabali

Arus Balik Nataru Lengang, Kantong Parkir Belum Difungsikan

  • www.nusabali.com-arus-balik-nataru-lengang-kantong-parkir-belum-difungsikan

Hingga Minggu (1/1) petang, belum terjadi peningkatan penyeberangan yang diprediksi menghadapi arus balik libur Natal dan Tahun baru.

NEGARA, NusaBali 
Memasuki awal tahun baru 2023, situasi pelaku perjalanan di Pelabuhan Gilimanuk hingga Minggu (1/1) malam masih  cukup lengang. Alhasil kantong parkir yang disiapkan pihak Kepolisian di Terminal Kargo Gilimanuk belum difungsikan. 

Dari pantauan hingga Minggu malam pukul 19.00 Wita, arus kendaraan menuju Pelabuhan Gilimanuk masih seperti hari normal. Kendaraan menuju Jawa, mengalir lancar. Nihil tumpukan kendaraan di pintu loket ataupun di dalam pelabuhan. 

Begitu juga situasi di Terminal Kargo Gilimanuk tampak kosong. Namun sejumlah petugas kepolisian tetap disiagakan di kantong parkir ini untuk antisipasi lonjakan arus balik yang bisa terjadi jelang tengah malam ataupun dinihari. 

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, untuk puncak arus balik libur Nataru, memang diperkirakan akan terjadi antara tanggal 1 Januari atau 2 Januari. 

Kemungkinan lonjakan arus balik akan terjadi saat waktu jelang tengah malam ataupun memasuki Senin (2/1) dinihari. "Sementara sampai petang ini belum ada. Tetapi bisa saja meningkat setelah malam sehingga tetap kita siagakan anggota di lapangan," ucap AKBP Juliana.

Menurut AKBP Juliana, kantong parkir yang disiapkan di Terminal Kargo Gilimanuk, hanya akan difungsikan ketika terjadi kepadatan kendaraan menuju Pelabuhan Gilimanuk. 

Setelah masuk ke kantong parkir, kendaraan yang akan menuju Pelabuhan Gilimanuk akan diarahkan masuk lewat jalan Gang 1, Gang 2, dan Gang 3  di kawasan pemukiman warga. "Sama seperti saat pengaturan arus Lebaran. Tetapi kalau situasi masih lancar, kita arahkan tetap lewat jalan nasional," ujarnya. 

Sebelumnya, AKBP Juliana mengaku, sempat terjadi peningkatan lonjakan penumpang keluar Bali pada Jumat (30/12) lalu. Saat H-2 Tahun Baru itu, ada sekitar 28 ribuan orang penumpang yang keluar Bali. Sedangkan pada Sabtu (31/12), ada sekitar 19 ribuan orang penumpang keluar Bali. 

Dari data tersebut, AKBP Juliana memperkirakan sudah ada beberapa wisatawan yang meninggalkan Bali sebelum tahun baru. Namun, pihaknya tetap melakukan antisipasi puncak arus balik yang diprediksi terjadi Minggu (1/1) malam ataupun Senin (2/1). 7ode

Komentar