nusabali

Jaya Negara – Agus Arya Wibawa Ucapkan Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan

  • www.nusabali.com-jaya-negara-agus-arya-wibawa-ucapkan-selamat-hari-suci-galungan-dan-kuningan

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, mengatakan bahwa momentum Hari Suci Galungan pada Budha Kliwon Dunggulan, Rabu (4/1/2023), dan Kuningan pada Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (14/1/2023), hendaknya dimanfaatkan umat Hindu untuk senantiasa meningkatkan srada bakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa.

“Semoga di Hari Suci Galungan dan Kuningan, dharma senantiasa menuntun umat manusia terbebas dari kegelapan dan tantangan hidup,” ujar Jaya Negara.

Dikatakannya, kemenangan dharma melawan adharma pada masa kini haruslah diterjemahkan sebagai upaya dan tekad untuk terus berkarya meningkatkan kualitas kehidupan yang seimbang antara material dan spiritual. Sehingga sebagai umat beragama mampu mencapai kebahagiaan dengan selalu berpijak kepada ajaran Agama Hindu, yakni dharma, artha, kama, dan moksah.

Jaya Negara juga mengajak masyarakat untuk selalu mulat sarira, mempererat tali persaudaraan, dan silaturahmi. Mulat sarira menjadi pesan dalam catatan perjalanan untuk mengevaluasi langkah dalam mengamalkan ajaran dharma. 

Utamanya dharmaning agama dan dharmaning negara. Sehingga kehidupan mampu memberikan manfaat di masa depan yang lebih baik, sejahtera, dan damai. Hal ini juga baik dimaknai sebagai momentum kebangkitan atau kemenangan, utamanya tentang kesehatan dan pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19. 

Jaya Negara juga mengajak masyarakat dalam perayaan Galungan dan Kuningan selalu berpikir, berkata, dan berbuat yang baik sebagai cerminan dharma. Selain itu, upakara juga diharapkan sederhana dengan mengedepankan makna dalam pelaksanaannya.

Wawali Arya Wibawa menambahkan, momentum Hari Suci Galungan dan Kuningan ini hendaknya dijadikan satu titik tolak untuk menjadikan masa depan yang lebih baik, lebih berkualitas, dan mampu mewujudkan kesejahteraan. Pelaksanaan upakara juga diharapkan dapat dikemas sederhana dengan tetap berpedoman pada makna, nilai, dan filsafat agama Hindu.

“Kepada seluruh umat se-dharma, atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Denpasar, selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan, dumogi kenak rahayu sareng sami. Semoga di Hari Suci Galungan dan Kuningan, dharma senantiasa menuntun umat manusia terbebas dari kegelapan menuju kemuliaan hidup,” ujar Walikota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa. @ mis

Komentar