nusabali

Maha Karya Budaya ‘Mabesikan’ Melepas Matahari 2022

  • www.nusabali.com-maha-karya-budaya-mabesikan-melepas-matahari-2022

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Kota Denpasar menggelar Maha Karya Gelar Budaya bertajuk ‘Mabesikan’ untuk melepas matahari tahun 2022 bertepatan dengan malam pergantian tahun di kawasan Patung Catur Muka, Sabtu (31/12/2022).

Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Dandim 1611 Badung Kolonel Inf Dody Triyo Hadi, Ketua Komisi I DPRD Denpasar I Ketut Suteja, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana Kumara turut melepas matahari 2022 ditandai pelepasan burung merpati.

“Tahun 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan akibat pandemi Covid-19. Namun demikian, perlahan berbagai sektor tampak mulai mengalami pemulihan. Semuanya harus terus dikawal agar semua dapat pulih dan bangkit lebih cepat,” kata Wawali Arya Wibawa.

Sajian Maha Karya Budaya Mabesikan diawali dengan penampilan Kendang Rampak yang dibawakan Sanggar Kerta Jaya Banjar Menesa Puseh Pedungan, dilanjutkan dengan Gandrung Banyuwangi yang dibawakan oleh Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata Bali.

Selanjutnya, ditampilkan garapan inaugurasi Manunggaling Catur Gunaning Rasa Suda Sidi Sida Karya Paripurnaning Jagat.

Garapan tersebut merupakan buah kolaborasi Naluri Manca, SMKN 5 Denpasar, SMAN 3 Denpasar, dan SMAN 9 Denpasar. Tampak seluruh seniman dengan bersemangat mengikuti seluruh rangkaian pementasan.

Wawali Arya Wibawa menambahkan, pandemi Covid-19 telah memberikan pembelajaran berharga. Hal ini utamanya berkenaan dengan semangat gotong royong dan kesetiakawanan sosial antara pemerintah dan pemangku kepentingan dalam penanganannya.

“Hal tersebut tentu selaras dengan tema kegiatan melepas matahari yaitu Mabesikan yang mengandung makna menghormati keragaman budaya dalam persatuan persaudaraan Denpasar menyongsong tahun 2023,” ujarnya.

Wawali Arya Wibawa menekankan, pada 2023 mendatang, seluruh jajaran pemerintah termasuk masyarakat harus bekerja lebih optimal.

Hal ini karena tantangan ke depan semakin kompleks, utamanya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara mengatakan tema Mabesikan menitikberatkan upaya menghormati keragaman budaya dalam persatuan dan persaudaraan Denpasar menyongsong 2023.

“Kegiatan ini melibatkan sanggar-sanggar yang ada di Kota Denpasar. Pada kesempatan ini ditampilkan kesenian tradisi,” ujarnya.

Acara melepas matahari di Kota Denpasar diawali dengan penampilan maha karya budaya kolosal di kawasan Catur Muka di titik nol Kota Denpasar.

Setelah itu dilanjutkan dengan hiburan di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan Badung).

Hadir di acara tersebut jajaran Forkompimda dan FKUB Kota Denpasar, Ketua GOW Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ny Widnyani Wiradana, pimpinan OPD serta undangan lainnya yang turut melepas burung merpati.

Selain itu, ribuan warga kota yang antusias menyaksikan maha karya budaya yang dipusatkan di titik nol kilometer Kota Denpasar. 7 ant

Komentar