nusabali

Mantan Ketua KPU Buleleng Tarung ke DPD RI

Anak Panti Asuhan yang Meretas Mimpi jadi Senator

  • www.nusabali.com-mantan-ketua-kpu-buleleng-tarung-ke-dpd-ri

DENPASAR, NusaBali - Kompetisi DPD RI Pemilu 2024 dapil Bali diwarnai dengan kehadiran sejumlah new comer (pendatang baru). Salah satunya tokoh muda Bali Dr Gede Suardana,43. Suardana optimis bakal menjadi salah satu dari 4 calon terpilih DPD RI (senator,red) dapil Bali.

Suardana mendaftar ke KPU Bali, Kamis (29/12) sore. Suardana optimis bertarung ke senayan berbekal pengalaman di berbagai organisasi. Dia aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan dan lingkungan, seperti Waketum DPP Persadha Nusantara, Forum alumni KMHDI Bali, Koodinator Biopori Buleleng (pegiat lingkungan). 

Anak kesembilan dari 11 bersaudara yang pernah menetap di panti asuhan semasa kecil berhasil meraih gelar doktor di Universitas Udayana (Unud) pada tahun 2018. Dia kini menjadi pengajar di Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas). Lulusan sarjana (S1) Undiksha tahun 2002 ini, juga pernah  menjabat sebagai Ketua KPU Buleleng periode 2013-2018. 

Suardana yang anak pedagang di pasar Seririt ini juga memiliki jiwa entrepreneur dengan usaha retail yang telah sukses berjalan 10 tahun di Kota Singaraja. Kini dia aktif memberikan workshop selling, marketing, dan branding yang benar ke UMKM. 

Aktivitas sosial kemasyarakatan yang dilakukan adalah melakukan advokasi, membela dan membebaskan warga adat Sudaji yang ditetapkan sebagai tersangka pada masa pandemi Covid-19. Memperjuangkan SMA Bali Mandara agar tetap dibuka untuk anak-anak miskin di Bali, serta melaporkan kasus penghinaan agama Hindu oleh Desak Darmawati ke Polda Bali. Suardana yang banyak menginspirasi anak-anak muda di Bali juga menekuni aktivitas sosial, politik, ekonomi, dan keagamaan. “Kita berbekal tekad dan semangat menghadirkan tradisi politik ide dan gagasan di Bali, dalam konstestasi DPD RI 2024,” ujarnya usai pendaftaran sebagai bakal calon (balon) DPD RI, Kamis (29/12). 

Suardana mengatakan tidak ada target muluk-muluk dalam pertarungan. Karena yang dihadapi para tokoh dan incumbent. Ada 3 incumbent DPD RI yang akan menjadi pesaingnya, yakni Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna, Anak Agung Gde Agung, Bambang Santoso.

“Target saya tidak muluk-muluk, dengan adanya para tokoh politik senior dan incumbent DPD RI sebagai calon, kita optimis masuk menjadi salah satu dari empat besar senator terpilih nantinya,” ujar Suardana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/12). N nat

Komentar