nusabali

Wisatawan Tanah Lot Naik 400%

  • www.nusabali.com-wisatawan-tanah-lot-naik-400

TABANAN, NusaBali - Kunjungan wisatawan ke DTW Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri pada penghujung tahun 2022 membludak. 

Total kunjungan per Desember sudah tembus di angka 1.099.827 wisatawan. Jumlah kunjungan ini meningkat empat kali lipat atau 400 persen dibandingkan tahun 2021 yang hanya 276.858 wisatawan. 

Manajer DTW Tanah Lot I Wayan Sudiana mengatakan tahun 2022 ini kunjungan wisatawan memang meningkat. Per hari rata-rata kunjungan di angka 5.000 orang. Apalagi kunjungan pada bulan Desember ini membawa angin segar. "Kunjungan mulai ramai sejak November dan terus berlangsung hingga Desember," ungkap Sudiana, Jumat (30/12). 

Kunjungan tahun 2022 ini masih didominasi oleh domestik. Rata-rata yang berkunjung dalam sehari itu adalah kunjungan  keluarga. Namun wisatawan asing pun sudah mulai ramai ke Tanah Lot. "Kalau asing Australia dan India yang mendominasi, Eropa dan  China belum. Apalagi China belum dibuka penerbangannya," aku Sudiana. 

Bahkan kata dia dengan meningkatnya kunjungan ini membuat pendapatan di tahun 2022 melampui terget. Dari yang ditarget Rp 16 miliar kini sudah mencapai Rp 33 miliar. Dan sampai akhir Desember ini pendapatan diprediksi masuk mencapai Rp 37 miliar. "Karena kunjungan Desember ini ramai, setiap harinya bagus," terangnya. 

Dengan naiknya pendapatan ini di tahun 2023 Tanah Lot menarget pendapatan Rp 45 miliar. Jumlah ini optimis akan dicapai meskipun dunia diterpa resesi. "Kita optimis saja, promosi, serta event tahunan kami akan buat sebagai upaya menaikkan pendapatan ataupun kunjungan," tandasnya. 7des

Komentar