nusabali

Gubernur Koster Apresiasi Pembangunan Bangli yang Menggeliat

Resmikan Gedung RSU, DPRD dan BMB Bangli

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-apresiasi-pembangunan-bangli-yang-menggeliat
  • www.nusabali.com-gubernur-koster-apresiasi-pembangunan-bangli-yang-menggeliat

BANGLI, NusaBali - Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan gedung 1 A dan 1B RSU Bangli pada, Jumat (30/12) pukul 10.00 Wita. Selain gedung RSU, Gubernur Koster juga meresmikan Gedung DPRD Bangli dan Gedung Bukti Mukti Bhakti (BMB) Bangli. 

Acara peresmian diawali dengan upacara melaspas di masing-masing gedung. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, serta dilanjutkan dengan peninjauan masing-masing gedung. 

Peresmian tiga gedung yang dipusatkan di RSU Bangli ini juga dihadiri oleh Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, seluruh anggota DPRD Bangli, Sekda Bangli Ida Bagus Giri Putra, Forkopimda Bangli, seluruh kepala OPD Bangli, Lurah, Perbekel, Bendesa, Ketua BPD se Bangli. 

Gubernur Koster bersama Kapolda Irjen Putu Jayan pertama kali meresmikan gedung DPRD Bangli, dilanjutkan gedung BMB dan puncak pesermian gedung RSU Bangli. Gubernur Koster menilai gedung yang diresmikan baik gedung RSU Bangli, DPRD dan BMB sudah bagus. Setelah memiliki gedung yang lebih representatif, diharapkan pada Bupati, Anggota DPRD Bangli dan Direktur RSU Bangli wajib memfungsikan dengan optimal.

Pihaknya mengapresiasi gerak cepat Bupati Bangli Sedana Arta. Karena sejak saat dilantik Februari tahun 2021, Bupati segera merombak APBD dan melakukan berbagai efisiensi. Dari hasil efisiensinya itu digunakan untuk berbagai pembangunan. Mulai dari gedung DPRD Bangli, gedung BMB Bangli, dan sekarang RSU Bangli. "Semuanya dilakukan dalam waktu dua tahun, dan ini sangat cepat. Karenanya saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan," ungkapnya.

Diakui jika, Bangli sebelumnya kurang bergeliat dalam pembangunan, kini kotanya penuh dengan gedung-gedung megah. "Seumur-umur saya, baru kali ini saya melihat di Bangli yang biasanya maong-maongan, sekarang ada gedung yang megah modern seperti ini," ujar Gubernur yang juga Ketua DPD PDIP Bali ini. Menyinggung soal nama gedung, Gubernur Koster meminta agar Bupati Bangli memberikan nama gedung di RSU Bangli. 

"Gedung agar diberikan nama jangan gedung 1A dan 1B," ujarnya. Pihaknya ke depan akan mendukung pembangunan di Bangli. Sejumlah kegiatan pembangunan telah dipersiapkan. 

Di sisi lain, Gubernur Koster mengingatkan bahwa gedung DPRD yang bagus maka anggota DPRD harus rajin-rajin ngantor, jangan bolos-bolos serta produktif menghasilkan regulasi dan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan rasa syukur karena di tahun 2022 ini dapat diwujudkan program pembangunan strategis di Bangli senilai Rp 100 miliar lebih. Diantaranya pembangunan Gedung I A dan I B RSU Bangli, Gedung DPRD dan Gedung BMB Bangli. RSU Bangli merupakan satu-satunya rumah sakit pemerintah yang ada di Kabupaten Bangli, dan merupakan rumah sakit pendidikan utama yang berkelas B sesuai hasil akreditasi pada bulan November. Dengan dibangunnya Gedung I A dan I B diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus meningkatkan derajat masyarakat Bangli pada khususnya dan masyarakat Bali pada umumnya. 

"Berbagai pembangunan akan dilanjutkan pada tahun 2023. Salah satunya pembangunan Gedung RSU Bangli tahap II, yang merupakan gedung perawatan. Pada tahun 2023 nanti kami juga mohon dukungan dari bapak Gubernur Bali, stakeholder terkait dan seluruh masyarakat Bangli untuk mewujudkan berbagai mimpi dan cita-cita besar kami, dengan demikian Bangli mampu melompat lebih tinggi," sambungnya. 

Sementara Direktur RSU Bangli dr I Dewa Oka Darsana SpAn menyampaikan gedung I A dan I B yang baru dibangun ini memiliki berbagai fasilitas maupun pelayanan baru yang belum ada di gedung sebelumnya. Mulai dari pelayanan di intensive care yang kini sudah tersedia intensive care untuk jantung (ICCU). Selain itu di intensive care juga sudah tersedia layanan PICU, yang merupakan pelayanan pediatri.

Selain itu pelayanan cuci darah atau hemodialisa dari yang awalnya 16 unit bed, kini di gedung baru ditambah 18 unit. Begitupun dengan kamar operasi yang juga mengalami penambahan. "Layanan yang sebelumnya belum kami miliki di RSU kini sudah tersedia. Selain itu kami sudah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan agar seluruh layanan tercover. Sehingga masyarakat Bangli yang sudah menjadi peserta layanan Kesehatan tidak kena biaya lagi," jelasnya. 

Ke depan pihak akan terus berbenah untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat. Pihaknya juga meminta masukan dan dukungan dari berbagai pihak demi layanan yang lebih baik. "Kami mengucapkan banyak terimakasih pada Gubernur Bali yang telah menghibahkan lahan milik Pemerintah Provinsi Bali seluas 70 are. Lahan ini selanjutnya dimanfaatkan untuk penunjang pelayanan di RSU Bangli," kata dr Dewa Darsana. Selain itu pihaknya juga mengungkapkan terimakasih pada Bupati Bangli yang secara konsisten meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Bangli. 

"Pada tahun 2023 akan dilanjutkan dengan pembangunan gedung II, yang merupakan gedung perawatan. Pembangunan gedung ini anggarannya sebesar Rp 40 miliar yang bersumber dari dana APBD Bangli dan BLUD," imbuhnya. 7 esa

Komentar