nusabali

Ternyata Ini Penyebab dari Penyakit Ambeien

  • www.nusabali.com-ternyata-ini-penyebab-dari-penyakit-ambeien

DENPASAR, NusaBali.com - Ambeien atau yang dikenal juga dengan istilah wasir adalah salah satu penyakit yang sering mengganggu aktivitas para penderitanya.

Dalam istilah medis, ambeien disebut dengan istilah hemoroid yang merupakan suatu kondisi di mana terjadi pelebaran dari pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus.

Pembuluh darah anus yang melebar ini seringkali mengalami kerenggangan yang hebat, menipis, hingga teriritasi. Kondisi tersebut dapat terjadi apabila faktor-faktor risiko dari penyakit ambeien terus berulang, contohnya sering mengalami buang air besar yang keras. 

Hal tersebut biasanya akan berujung pada terjadinya komplikasi ambeien yaitu kondisi anemia hingga syok. Kondisi anemia hingga syok ini sendiri bisa terjadi apabila penderita mengalami pendarahan yang begitu banyak dari pembuluh darah yang teriritasi tersebut.

Jika Anda atau keluarga yang Anda miliki sedang merasakan sakit atau merasa kurang fit, Anda dapat segera melakukan konsultasi dokter online agar mendapatkan diagnosa dari dokter serta mendapatkan resep obat sesuai dengan keluhan yang Anda miliki.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyebab ambeien, simak penjelasan artikel berikut sampai tuntas ya!

Klasifikasi Penyakit Ambeien

Dalam penyakit ambeien, terdapat dua jenis klasifikasi yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Interna

Pada kondisi ini, ambeien yang terbentuk memiliki lokasi yang cukup dalam, sehingga para penderita tidak mampu untuk melihat dan merasakan pelebaran terhadap pembuluh darah yang sedang terjadi.

2. Eksterna

Sedangkan ambeien pada jenis satu ini terbentuk dari pembuluh darah yang lokasinya lebih luar dari ambeien interna. Saat sedang buang air besar atau saat sedang mengeluarkan tinja, ambeien sering timbul keluar sehingga para penderita lebih mudah untuk melihat dan merasakannya.

Pada ambeien jenis ini, biasanya akan menyebabkan para penderita untuk mengalami perasaan yang tidak nyaman dan dapat menimbulkan rasa nyeri. 

Penyebab Penyakit Ambeien

Hingga saat ini, penyebab penyakit ambeien diyakini sebagai kombinasi yang terjadi karena faktor keturunan atau genetik. Namun, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menjadi penyebab dari penyakit ambeien, di antaranya adalah sebagai berikut.
- Usia tua
- Kehamilan
- Obesitas
- Sembelit berulang (konstipasi kronik)
- Sering mengejan saat buang air besar
- Kurang mencukupi kebutuhan serat dan cairan
- Mengalami penyakit batuk kronik dalam jangka waktu yang lama
- Adanya tekanan dalam perut yang meningkat (misalnya karena adanya tumor)

Gejala Penyakit Ambeien atau Wasir

Adapun beberapa gejala dari penyakit ambeien yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut.
- Mengalami gatal pada anus
- Munculnya darah segar yang menetes dari anus saat buang air besar
- Tampak benjolan lembab pada area anus yang berwarna merah muda (lebih terang) dari area sekitarnya
- Muncul benjolan yang keluar dari anus pasca buang air besar, benjolan dapat masuk sendiri atau harus didorong terlebih dahulu
- Pucat, mudah lemas, tidak mudah untuk berkonsentrasi bila telah terjadi komplikasi anemia akibat pendarahan yang berlebihan
- Perasaan nyeri yang diakibatkan teriritasinya ambeien akibat bergesekan dengan pakaian atau saat duduk. Nyeri yang hebat juga dapat timbul bila terdapat pembekuan darah pada ambeien

Diagnosis Penyakit Ambeien

Untuk menentukan diagnosis ambeien, maka dokter harus melakukan beberapa rangkaian alur diagnosis yang dimulai dari kegiatan wawancara. Dalam kegiatan wawancara ini, biasanya dokter akan menggali dan menanyakan mengenai keluhan-keluhan apa saja yang dirasakan oleh para penderita.

Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan secara fisik atau pemeriksaan secara menyeluruh. Adapun detail pemeriksaan yang penting untuk dilakukan meliputi pemeriksaan pada area anus untuk memastikan apakah penyebab keluhan yang dirasakan oleh penderita adalah memang penyakit ambeien. Pada pemeriksaan ini, Anda mungkin saja diberikan instruksi oleh dokter untuk mengejan saat melakukan pemeriksaan. 

Selain itu, pemeriksaan juga akan dilengkapi dengan mencari apakah terdapat tanda-tanda telah terjadinya anemia sebagai komplikasi ambeien (terdapat pucat pada konjungtiva mata). 

Pemeriksaan penunjang lainnya bisa saja dibutuhkan oleh para penderita apabila hasil pemeriksaan fisik belum memuaskan. Pemeriksaan penunjang tersebut di antaranya adalah anoskopi, sigmoidoskopi dan kolonoskopi. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan cara memasukkan alat yang dilengkapi oleh kamera ke dalam anus yang bertujuan untuk melihat gambaran dalam area anus besar bagian bawah secara jelas dan mendetail.

Pengobatan Penyakit Ambeien atau Wasir

Bila Anda mengalami tanda dan gejala penyakit ambeien, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah seberapa berat derajat ambeien yang Anda derita. Bila ambeien tersebut tidak nampak atau hanya dirasakan dan masih dapat masuk dengan sendirinya, maka Anda masih dapat menunda untuk mengunjungi dokter.

Hal terpenting dalam melakukan pencegahan agar penyakit ambeien tidak semakin parah adalah dengan memperbaiki gaya hidup, di antaranya adalah sebagai berikut.
- Cukupkan asupan cairan Anda
- Menjaga berat badan agar tetap ideal
- Hindari menunda proses buang air besar
- Menghindari mengejan terlalu kuat dan terlalu lama saat buang air besar
- Meningkatkan aktivitas fisik, karena hal ini memiliki pengaruh atas kelancaran terhadap pencernaan Anda
- Menghindari melakukan aktivitas yang dapat memperlama waktu duduk di atas jamban (membaca, merokok) karena dapat meningkatkan tekanan dan mempermudah terjadinya ambeien
- Menjaga konsistensi agar tinja tidak keras dengan cara mengkonsumsi asupan makanan yang tinggi kandungan serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, gandum utuh, dan lain sebagainya
- Hindari mengangkat beban yang terlalu berat, terutama ditambah kebiasaan dengan menahan napas (mengejan) saat mengangkat beban berat tersebut.

Itulah informasi mengenai penyakit ambeien atau wasir yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Komentar