nusabali

Pastikan Keselamatan Penerbangan, AP I Tingkatkan Koordinasi dengan BMKG

  • www.nusabali.com-pastikan-keselamatan-penerbangan-ap-i-tingkatkan-koordinasi-dengan-bmkg

MANGUPURA, NusaBali - Guna memastikan keselamatan dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa, PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, meningkatkan koordinasi dengan BMKG. Hal ini semata untuk memastikan kondisi cuaca di kawasan sekitar bandara.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, mengatakan semakin meningkatkan koordinasi dengan BMKG untuk mengantisipasi terjadinya cuaca buruk yang bisa berdampak langsung terhadap keselamatan penerbangan. “Pelayanan kepada penumpang menjadi prioritas utama kami. Karena itu, koordinasi kami dengan BMKG perlu ditingkatkan lagi untuk mengantisipasi hal yang terjadi seperti hujan, angin kencang, dan jarak pandang yang rendah yang memungkinkan berdampak pada operasional penerbangan,” katanya, Kamis (29/12).

Tak hanya dengan BMKG, AP I juga bekerja sama dengan para stakeholder, seperti maskapai penerbangan agar dapat melakukan tindakan pendaratan di bandara lain (divert) untuk menghindari holding yang cukup lama di ruang udara karena delay. “Jika cuaca sudah membaik, pihak navigasi penerbangan, yakni AirNav akan memberikan arahan untuk mendahulukan penerbangan yang akan mendarat di Bandara Ngurah Rai,” jelas Handy.  

Lebih lanjut Handy, mengatakan berdasarkan Prakiraan Cuaca Stasiun Meteorologi Kelas-1 I Gusti Ngurah Rai Denpasar, terdapat cuaca ekstrem pada area Bali-Nusa Tenggara terhitung pada 23 Desember hingga akhir tahun nanti, karena Badai Siklon Tropis Ellie. “Kami selalu tingkatan sinergi dan koordinasi, termasuk saat ini menjelang akhir tahun ini pergerakan mengalami peningkatan,” tegasnya. 7 dar

Komentar