nusabali

Polres Karangasem Siagakan 622 Petugas, Amankan Perayaan Nataru 2023

  • www.nusabali.com-polres-karangasem-siagakan-622-petugas-amankan-perayaan-nataru-2023

AMLAPURA, NusaBali - Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna mempersiapkan 622 anggota untuk mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Pengamanan ini termasuk penjagaan di objek - objek wisata. 

Dengan kesiapan petugas dimaksud, maka keamanan seluruh wilayah hukum Polres Karangasem dapat terjaga. Kapolres AKBP Ricko AA Taruna mengungkapkan hal itu usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Agung 2022, di Lapangan Tanah Aron, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Kamis (22/12).

Hadir pada acara itu, Bupati Karangasem I Gede Dana, Kajari Karangasem Endang Tirtana, Ketua DPRD I Wayan Suastika, Ketua Pengadilan Negeri Karangasem Ronny Widodo, Dandim Letkol Inf Sutikno, Sekda I Ketut Sedana Merta dan undangan lainnya.

Kapolres AKBP Ricko AA Taruna memaparkan, dari 622 anggota Polres Karangasem, 105 orang akan beroperasi, 68 orang menjaga 6 gereja serangkaian perayaan Natal yang puncaknya, Minggu (25/12). Ada 310 orang dari Polsek menjaga wilayahnya masing-masing, dan 139 orang mengamankan penyambutan malam tahun baru 2023. “Fokus sasaran pengamanan yakni 6 gereja, 10 objek wisata, 3 pasar umum, 2 lokasi perayaan malam tahun baru 2023, dan Pelabuhan Padangbai,” jelasnya.

Khusus pengamanan di Pelabuhan Padangbai, jelas Kapolres, berlangsung secara regular. Hanya saja ada penebalan dengan dukungan 10 anggota Brimob Polda Bali, dan 2 anggota dari Samapta Polda Bali, lengkap dengan dua anjing pelacak. “Pengamanan saat puncak Natal, setiap jemaah wajib jalani pemeriksaan barang bawaan yang membawa tas. Sedangkan di Pelabuhan Padangbai seperti biasa, penumpang wajib pemeriksaan berlapis,” jelasnya.

Lanjut Kapolres AKBP Ricko AA Taruna upaya memperketat pengamanan tersebut untuk mencegah terjadi pelbagai ancaman. Polres Karangasem juga memperkuat pengamanan dengan patroli di laut dan pantauan di sejumlah pelabuhan rakyat.

Di samping itu, lanjut Kapolres AKBP Ricko AA Taruna, mencegah kasus kecelakaan lalulintas, terutama di jalur-jalur yang rawan kecelakaan. Terkait itu, Polres Karangasem telah membangun dua pos pengamanan, di pertigaan Jalan Diponegoro, Amlapura dan Pelabuhan Padangbai.

Mengenai 10 objek wisata yang jadi perhatian petugas, Polsek memiliki wilayah itu yang melakukan pemantauan optimal, dengan cara lebih optimal melakukan patroli, edukasi dan juga melakukan pemetaan. Misalnya, di Objek Wisata Tulamben, Kecamatan Kubu jajaran Polsek Kubu melakukan pemantauan. Sedangkan di Objek Wisata Candidasa dan sekitarnya, petugas Polsek Karangasem dan Polsek Manggis, melakukan pemantauan, begitu yang lainnya.7k16

Komentar