nusabali

21.000 Wisatawan Nataru Bakal Serbu Buleleng

  • www.nusabali.com-21000-wisatawan-nataru-bakal-serbu-buleleng

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng memperkirakan akan ada sekitar 21.000 wisatawan yang berlibur di Buleleng pada masa libur akhir tahun ini.

Pihak Dinas telah menginstruksikan pengelola daerah tujuan wisata (DTW) untuk menyiapkan lonjakan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, dengan melandainya penyebaran virus Covid-19, sejumlah objek wisata di Kabupaten Buleleng telah kembali dibuka. Jelang high season akhir tahun 2022, angka jumlah kunjungan pun diperkirakan meningkat. "Libur Natal dan tahun baru jumlah wisatawan pasti meningkat," ujar Dody, Kamis (22/12).

Dody memperkirakan, akan ada sekitar 15.000 wisatawan domestik yang berlibur ke Bali Utara pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2023. Kemudian wisatawan mancanegara diperkirakan mencapai 6.000. 

"Wisatawan domestik tentu lebih banyak. Kalau durasinya biasanya wisatawan mancanegara lebih lama, bisa mencapai seminggu," jelasnya.
Peningkatan jumlah wisatawan di Buleleng ini sudah terlihat dari jumlah pesanan akomodasi yang cukup tinggi. "Bahkan, ada beberapa hotel yang pesanan kamarnya sudah penuh sejak pertengahan Desember hingga akhir tahun. Namun untuk data pastinya jumlah kamar yang ter-booking ada di PHRI," imbuhnya.

Pihak Dinas Pariwisata Buleleng pun telah memberikan arahan kepada pengelola daerah tujuan wisata (DTW) untuk melakukan persiapan lonjakan jumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. "Akhir tahun kami sudah berikan arahan ke DTW untuk melakukan persiapan lonjakan jumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," jelasnya.

Menurut Dody, beberapa DTW favorit di Buleleng yang diperkirakan ramai dikunjungi, yakni Pantai Lovina dengan atraksi lumba-lumba, Danau Buyan dan Danau Tamblingan, Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Pulau Menjangan, wisata menyelam di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak dan Desa Pacung Tejakula. 7mzk

Komentar