nusabali

RSUD Wangaya Resmikan Generator Oksigen

  • www.nusabali.com-rsud-wangaya-resmikan-generator-oksigen

Generator oksigen milik RSUD Wangaya mampu produksi hingga 60 liter per hari. Sementara pemakaian oksigen di RS tersebut dalam situasi normal di kisaran 2–3 liter per hari.

DENPASAR, NusaBali

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya, meresmikan generator oksigen bertepatan dengan hari ulang tahun ke–102 rumah sakit milik Pemkot Denpasar itu, Jumat (6/1). Generator oksigen tersebut untuk membantu menghasilkan oksigen bagi pasien tanpa harus membeli ke distributor.

Hal itu diungkapkan Direktur Umum (Dirut) RSUD Wangaya dr Anak Agung Made Widiasa usai acara peringatan HUT ke–102 RSUD Wangaya yang dihadiri Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede dan Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana.

Menurut Agung Widiasa, selama ini pihaknya masih mendapatkan oksigen dari distributor yang memasok ke RSUD Wangaya. Selama ini, RSUD Wangaya harus membeli kebutuhan oksigen untuk pasien. Rata-rata per hari pasien di RSUD Wangaya menghabiskan 2-3 liter oksigen.

“Rata-rata untuk pasien biasa, bukan saat pandemi Covid-19, pemakaian oksigen 2-3 liter per hari. Sekarang dengan adanya generator ini pasokan oksigen kami yakin aman,” tandas Agung Widiasa.

Agung Widiasa menambahkan, dengan adanya generator oksigen ini dipastikan aman untuk 210 bed yang ada di RSUD Wangaya. Sebab, generator ini mampu menghasilkan oksigen sebanyak 60 liter per hari. Sementara, penggunaan tabung di RSUD Wangaya ada berukuran 1 liter dan ada yang 6 liter.

Kata dia, adanya generator ini bisa mengurangi pembelian oksigen, apalagi di saat krodit seperti Covid-19 sempat mengalami kekurangan oksigen. "Ya sekarang kalau dihitung secara ekonomis juga cukup. Jadi, kami yakin ini aman,” imbuhnya.

Selain peresmian generator oksigen, pihaknya juga menambah bed di Instalasi Gawat Darurat (IGD) menjadi 24 bed. “Kami ada penambahan bed, sekarang sudah mencapai 24, dan tenaga medis dan petugas juga kita sudah tambah untuk pelayanan lebih maksimal,” ujarnya.

Bahkan, layanan poliklinik juga sudah dibuka hingga malam hari dengan dua shift. Shift pertama dari pukul 08.00 Wita hingga 14.00 Wita, sorenya poliklinik buka kembali pukul 15.00 Wita hingga 21.00 Wita. *mis

Komentar