nusabali

Ragam Rempah Nusantara Dipamerkan dalam Bingkai Foto

  • www.nusabali.com-ragam-rempah-nusantara-dipamerkan-dalam-bingkai-foto

DENPASAR, NusaBali
Pameran foto bertajuk Kirana Dakara Vol. 3 berlangsung di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar Utara, 6-8 Januari 2023.

Ratusan karya foto dipamerkan mengangkat tema kekayaan rempah Nusantara. Pameran digelar mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang, Banten. Kirana Dakara digelar untuk tahun ketiga, di mana pada tahun lalu juga digelar di Dharma Negara Alaya. Sementara tahun pertama digelar di Jakarta dan Bangkok (Thailand).

Tema ‘Rempah’ dipilih karena merupakan salah satu jati diri yang melekat dengan budaya bangsa Indonesia. “Ini tahun ketiga kami mengadakan acara ini. Tahun ini mengangkat tema ‘Rempah Harta Keberagaman Nusantara’,” ujar Ketua Panitia Kirana Dakara Vol. 3 Natalie, 20, ditemui saat pembukaan pameran, Jumat (6/1).

Foto-foto yang ditampilkan kebanyakan adalah rempah-rempah yang dibuat menjadi produk kesehatan berupa jamu dan produk kesehatan lainnya. Rempah yang ditampilkan merupakan rempah-rempah yang tidak sulit dijumpai di tengah masyarakat, misalnya kayu secang, daun serai, bunga lawang, kayu manis, kunyit, jahe, dan sebagainya. Setelah dikumpulkan rempah-rempah tersebut kemudian difoto di dalam studio.

Tidak hanya keragaman rempah, Natalie menjelaskan fotografi/lukisan yang menggambarkan keragaman budaya Nusantara juga ikut dipamerkan pada Kirana Dakara Vol. 3 ini, sehingga diharapkan ikut memperkenalkan berbagai keberagaman harta Nusantara, mulai dari budaya, adat istiadat, hingga wisata Indonesia.

Dia mengatakan ada sekitar 60 karya fotografi mahasiswa UMN yang dipamerkan, ditambah dengan karya fotografi dan lukisan yang berasal dari partisipan luar kampus juga berjumlah sekitar 60 karya. “Jika ditotal ada sekitar 75 orang,” tambah mahasiswi semester 4 UMN ini.  

Natalie berharap pameran Kirana Dakara Vol. 3 bisa lebih sukses dibandingkan pameran sebelumnya yang juga digelar di tempat yang sama. Berbeda dengan tahun lalu yang masih dalam suasana pandemi dan PPKM masih diberlakukan, tahun ini diharapkan lebih banyak pengunjung yang bisa datang.

“Supaya kita bisa makin mengenalkan harta keberagaman rempah Nusantara,” sebutnya. Selain berupa pameran fotografi, serangkaian Kirana Dakara Vol. 3 juga diselenggarakan workshop fotografi dan lelang karya yang dipamerkan. *cr78

Komentar