nusabali

Jelang Piala Dunia U-20, Menpora dan Menteri BUMN Temui Presiden FIFA

  • www.nusabali.com-jelang-piala-dunia-u-20-menpora-dan-menteri-bumn-temui-presiden-fifa

DOHA, NusaBali - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Menteri Badan Usaha Negara Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menemui Presiden Gianni Infantino di Qatar untuk membahas persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Pertemuan Pak Menpora Zainudin Amali dan Presiden FIFA Gianni Infantino, membahas persiapan Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun depan, agar berjalan dengan baik. Gianni Infantino mendukung permintaan Presiden Jokowi untuk memaksimalkan penyelenggaraan kegiatan ini," ungkap Erick.

Menurut Erick, Qatar dapat menjadi contoh penyelenggaraan Piala Dunia yang sukses. Salah satu tolok ukur kesuksesan tersebut adalah kemampuan Qatar dalam menyajikan pesta olahraga yang meriah, sekaligus memperkenalkan keindahan budaya Islami lewat sepakbola.

Erick menambahkan, di Piala Dunia Qatar 2022 juga, pecinta sepakbola dapat menyaksikan untuk pertama kalinya pertandingan sepakbola pria dipimpin oleh wasit perempuan. Hebatnya lagi, hanya pada Piala Dunia 2022 Qatar inilah antusiasme penonton baik secara langsung maupun streaming luar biasa tinggi karena berhasil mencapai lebih dari dua miliar orang penonton. Tertinggi dalam sejarah Piala Dunia. "Semoga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun depan, Indonesia bisa menyamai atau bahkan bisa melebihi kesuksesan Qatar. Amin," ujar Erick.

Saat ini, FIFA telah mengeluarkan dokumen Regulasi untuk The FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023. Salah satu hal yang diatur dalam regulasi tersebut adalah tim yang akan berkompetisi. Sebagai tuan rumah, Indonesia diberi hak untuk mengikutsertakan 1 tim dalam kompetisi ini.

Direncanakan, ada 24 tim yang mengikuti kompetisi ini, dengan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC); Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF); Konfederasi Sepakbola Amerika Utara, Tengah dan Karibia (Concacaf); Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) masing-masing mengirim 4 tim.

Sementara itu, Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA) mendapatkan kuota tim terbanyak yaitu 5 tim. Selebihnya, terdapat dua tim sebagai jatah untuk Konfederasi Sepakbola Oseania (OFC). 7ant

Komentar