nusabali

Cuaca Umanis Galungan Kurang Bersahabat, Polsek Kuta Utara Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai

  • www.nusabali.com-cuaca-umanis-galungan-kurang-bersahabat-polsek-kuta-utara-fokuskan-pengamanan-wisata-pantai

MANGUPURA, NusaBali.com – Pada perayaan tahun baru terjadi peristiwa wisatawan terseret arus di wilayah hukum Polsek Kuta Utara. Hal ini menjadi warning petugas kepolisian untuk giat pengamanan Umanis Galungan ini.

Sejak akhir tahun 2022, cuaca di sebagian wilayah di Bali sedang tidak bersahabat. Angin kencang menumbangkan pohon, merusak atap rumah warga, bahkan instalasi atap bandara. Selain itu, hujan datang tidak menentu bahkan di saat matahari masih bersinar terang.

Di lain sisi, pada awal tahun ini sebagian besar warga Bali terutama yang beragama Hindu tengah merayakan hari besar yakni Hari Raya Galungan. Aktivitas yang padat pun tidak dapat dihindari di tengah cuaca yang kurang mendukung.

Termasuk hari ini, Kamis (5/1/2023). Hari ini disebut pula Umanis Galungan atau sehari setelah perayaan Hari Raya Galungan. Umanis Galungan ini biasanya diisi dengan menemui sanak saudara, melancong ke tempat wisata bersama keluarga, maupun tirtayatra ke luar kabupaten/kota.

Hal yang paling marak dilakukan pada Umanis Galungan adalah melancong ke tempat wisata, termasuk wisata pantai. Oleh karena itu, Polsek Kuta Utara sebagai sektor kepolisian Polres Badung yang mewilayahi banyak wisata pantai memberikan perhatian khusus. Lebih-lebih pasca kejadian wisatawan terseret arus di Pantai Bias Saut, Batubelig pada Minggu (1/1/2023) lalu.

“Untuk itu, kami sudah membagi personel untuk melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di tempat objek wisata,” ungkap Kapolsek Kuta Utara Kompol Putu Diah Kurniawandari ketika dikonfirmasi pada Kamis siang.

Kompol Diah menjelaskan bahwa ada 36 personel yang diterjunkan untuk melaksanakan operasi pengamanan Umanis Galungan. Kata mantan Kapolsek Mengwi ini, pihaknya telah mengantisipasi penumpukan wisatawan khususnya di objek wisata pantai.

Ada tiga titik wisatawan pantai yang diperkirakan dapat menimbulkan simpul kepadatan di hari Umanis Kuningan ini yakni Pantai Batu Bolong, Pantai Petitenget, dan Pantai Perancak. Selain di dalam lokasi objek wisata, akses menuju pantai juga bakal diatensi guna mencegah kepadatan kendaraan.

Mengingat peristiwa pada malam pertama tahun baru 2023 di Pantai Bias Saut, Kompol Diah menghimbau para pelancong untuk berhati-hati saat beraktivitas di pantai. Ia menekankan kondisi cuaca harus diperhatikan saat berkunjung ke suatu tempat.

“Untuk yang berkunjung ke pantai, mohon menjaga keselamatan diri karena saat ini cuaca sedang tidak bersahabat dan dapat mengancam keselamatan,” tandas Kompol Diah. *rat

Komentar