nusabali

Motor Listrik Yamaha E01 Uji Coba di Bali, Mau Coba?

  • www.nusabali.com-motor-listrik-yamaha-e01-uji-coba-di-bali-mau-coba

MANGUPURA, NusaBali.com – Vibes kendaraan listrik pasca gelaran KTT G20 di Bali tak berlalu begitu saja. Bahkan produsen Yamaha mendatangkan motor listrik E01 ke Pulau Dewata.

Bali menjadi destinasi kedatangan kendaraan konsep atau prototype Yamaha E01 yang sebelumnya telah lebih dulu menjalani uji coba atau market test di wilayah Jakarta dan Bandung. 

Lokasi yang dipilih pun sangat ideal, yakni, New Kuta Golf, Pecatu,Kuta Selatan, Kabupaten Badung. 

Program Market Test yang bertajuk Proof of Concept (PoC) pada Rabu (14/12/2022) ini merupakan salah satu wujud dari penerapan Visi Jangka Panjang Perusahaan atau Yamaha Long Term Vision 2050, yang bertujuan untuk meraih pencapaian Carbon Neutral hingga 0% pada seluruh proses rantai bisnis perusahaan.
 
“Pada akhir bulan Oktober lalu Yamaha Indonesia telah mengumumkan dimulainya program Market Test kendaraan listrik E01 di beberapa kota di Indonesia sebagai upaya pencapaian Carbon Neutral,” ungkap Mulyadi, Deputy Director of Sales PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.
 
Tahapan Market Test ini merupakan langkah penting bagi Yamaha untuk dapat melihat lebih jauh respons masyarakat terhadap penggunaan kendaraan listrik sesuai dengan karakter konsumen.

“Mulai dari cara berkendara, iklim, cuaca dan yang lainnya, serta menjadikan masukan-masukan tersebut sebagai bahan evaluasi untuk mengembangkan kendaraan listrik yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” urai Mulyadi.

Pulau Bali sendiri dipilih sebagai salah satu wilayah yang melakukan program Market Test karena memiliki kondisi jalan yang banyak didominasi flat track atau jalur berkarakter datar serta suhu cuaca yang relatif panas,  sehingga, cocok untuk menguji performa dan durabilitas mesin motor. 

“Selain itu, komunitas pengguna EV yang cukup banyak di Pulau Bali juga menjadi salah satu faktor pertimbangan berlangsungnya kegiatan Market Test,” kata Mulyadi.
 
Pada sesi kegiatan Press Conference & Market Test EV E01, para peserta acara yang terdiri dari awak media, blogger dan perwakilan jaringan dealer Yamaha di Pulau Bali juga diberikan kesempatan untuk menjajal langsung impresi berkendara EV E01. 

Beragam respons positif pun diberikan atas kecanggihan teknologi, fitur, serta performa yang ditawarkan oleh skutik listrik berbasis fixed battery dari Yamaha tersebut.
 
“Saat ini kendaraan listrik E01 telah resmi tersedia di Yamaha Flagship Shop Bali untuk dapat diuji kendara oleh masyarakat umum di jalanan publik,” kata Andreas Tjahjadi, Chief Yamaha DDS Bali. 

Nantinya pasca berakhirnya kegiatan Market Test yang melibatkan masyarakat umum ini, masukan serta respons dari seluruh peserta akan dievaluasi dan digunakan sebagai dasar pengembangan kendaraan listrik (EV) Yamaha yang lebih relevan dengan kebutuhan dan karakter bekendara konsumen Indonesia di masa yang akan datang.
 
Untuk mendukung kelancaran program Market Test E01 di Pulau Bali, Yamaha telah menyiapkan fasilitas charger untuk mengisi ulang daya baterai motor yang tersedia di area Yamaha Flagship Shop Bali. 

Selain itu, jika peserta mengalami kendala pada saat melakukan uji kendara, layanan dalam bentuk Service Kunjung Yamaha (SKY) maupun Yamaha Emergency Service 24 (YES 24) telah disiagakan untuk membantu. 

Komentar