nusabali

725 Mahasiswa Terima Beasiswa Pemkab Jembrana

12 Orang dari Keluarga Kurang Mampu

  • www.nusabali.com-725-mahasiswa-terima-beasiswa-pemkab-jembrana

NEGARA, NusaBali - Program dana penghargaan atau beasiswa mahasiswa berprestasi dari Pemkab Jembrana semester II Tahun Anggaran 2022, telah cair.

Beasiswa untuk 725 penerima itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba di GOR Kresna Jvara, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Selasa (20/12).

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra, mengatakan dana penghargaan bagi mahasiswa berprestasi asal Jembrana, ini diberikan kepada 725 orang dengan nilai bantuan Rp 3 juta per orang. Dari 725 penerima beasiswa tersebut, 12 orang penerima berasal dari keluarga kurang mampu.

“Dana penghargaan ini kita berikan kepada mahasiswa berprestasi, dengan memakai acuan nilai IPK. Dari sebanyak 725 penerima bantuan tahap II (semeter II) tahun ini, termasuk di antaranya ada 12 mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan tercatat dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)," kata Anom.

Anom mengaku, jumlah penerima beasiswa semester II TA 2022 ini menurun dibanding semeter sebelumnya. Pada semester I lalu, tercatat ada sebanyak 800 penerima. “Ini karena memang yang mendaftar menurun. Setelah kita coba telusuri, karena semeter genap, banyak yang sudah lulus. Kemudian ada juga yang masih praktik dan sedang mengikuti KKN (kuliah kerja nyata),” ucap Anom.

Sementara Bupati Tamba mengatakan, penghargaan bagi mahasiswa berprestasi yang berasal dari pemuda daerah, ini adalah salah satu bentuk pengakuan atas prestasi para pemuda dalam menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tinggi. Penghargaan ini diharapkan memacu para pemuda Jembrana semakin berprestasi.

“Ini juga diharapkan dapat membantu meringankan beban yang ada. Di samping itu pula, dengan adanya program ini, diharapkan adanya timbal balik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jembrana,” ujar Bupati Tamba didampingi Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Bupati Tamba berharap, kepada seluruh pemuda dan masyarakat Jembrana, agar senantiasa menjalin kerjasama dalam melaksanakan program pembangunan.

“Selamat atas prestasi pencapaian nilai yang diharapkan. Mudah-mudahan dengan adanya pemberian penghargaan ini, dapat memberikan suatu stimulus kepercayaan diri. Bahwa Pemerintah Kabupaten Jembrana berkomitmen untuk membangun masyarakat Jembrana menjadi lebih baik,” tandas Bupati Tamba. *ode

Komentar