nusabali

Walikota Buka Pameran Bonsai 'The Max 30 Cm'

  • www.nusabali.com-walikota-buka-pameran-bonsai-the-max-30-cm

DENPASAR, NusaBali - Pemkot bersinergi dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Denpasar menggelar Kontes dan Pameran Bonsai Nasional bertajuk The Max 30 Cm 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara ditandai dengan pemotongan pita dan penancapan bendera pada pohon bonsai, Selasa (20/12) sore, di Lapangan Lumintang, Denpasar Utara.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Kota Denpasar yang telah menyelenggarakan kontes dan pameran bonsai ‘the max 30 cm’ yang bertepatan dengan Denpasar Festival. Berarti ini sudah ada kolaborasi antara asosiasi dengan Pemkot Denpasar,” kata Walikota Jaya Negara.

Hadir di acara pembukaan tersebut, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Kepala Dinas LHK Denpasar Ida Bagus Putra Wirabawa.

Ketua PPBI Kota Denpasar I Wayan Suka mengatakan, yang dipamerkan bukan sekadar tanaman tapi juga ada kreasi seninya. Jumlahnya sekitar 1.007 pohon bonsai yang dipamerkan di Lapangan Lumintang, Denpasar Utara. Pameran berlangsung 16 – 25 Desember. Peserta dari seluruh Indonesia, bahkan ada juga dari luar negeri yang langsung datang membawa bonsai dari Vietnam.

Adapun ukuran bonsai harus maksimal tinggi 30 centimeter, sesuai dengan tagline acaranya, ‘Bonsai The Max 30 Cm’, dan bentangnya satu meter. Pohon yang dipamerkan adalah budidaya yang bertujuan melestarikan alam.

“Kami ingin mengenalkan bonsai serta edukasi pelestarian alam dan melestarikan lingkungan serta menghindari kerusakan alam,” kata Suka.

Jenis tanaman yang ada di antaranya ada jenis Sancang, Sianci, Cemara, Santigi. Harganya ada yang mencapai Rp 500 juta.  ”Harapan kami setiap tahun bertambah, event pertama 745 pohon. Sekarang tembus 1.000,” imbuh Suka. *bin

Komentar