nusabali

Sasana Budaya Bangli akan Direnovasi

Pakai Dana BKK Gianyar Rp 5 Miliar

  • www.nusabali.com-sasana-budaya-bangli-akan-direnovasi

BANGLI, NusaBali
Sasana Budaya Giri Kusuma di Banjar Pekuwon, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli, akan direnovasi.

Bangunan sejak tahun 1976 ini rusak sejak lama. Renovasi akan menggunakan dana bantuan keuangan khusus (BKK) Rp 5 miliar dari Pemkab Gianyar.

Sasana Budaya memiliki sejumlah bangunan yang kini kondisi tidak dapat dimanfaatkan. Salah satu bangun berupa wantilan atau panggung yang seluruh atapnya jebol pada tahun 2017. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, saat dikonfirmasi, mengatakan Sasana Budaya salah satu target pembangunan tahun 2023. Pihaknya telah merencanakan perbaikan. "Seperti namanya, Sasana Budaya menjadi pusat kesenian di Bangli," ungkapnya Rabu (28/12).

Menurut Sedana Arta, di Sasana Budaya akan dibangun panggung out door maupun indoor. Selain itu, akan dilakukan perluasan lahan Sasana Budaya. Rencana akan dilakukan penyewaan lahan di sebelah timur Sasana Budaya. "Kami sudah lakukan komunikasi dengan pemilik lahan. Mereka setuju dengan pola sewa," kata Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini.

Dengan penambahan lahan tersebut, tentu akan lebih leluasa dalam pengembangan areal Sasana Budaya. Ke depan Sasana Budaya akan menjadi lokasi penyenggaraan berbagai acara. Bisa juga disewa untuk pelaksanaan acara perkawinan.

Soal anggaran, politisi PDI Perjuangan ini menyebutkan pembangunan Sasana Budaya bersumber dari BKK Rp 5 miliar. "Sumber dana dari BKK Kabupaten Gianyar," ujarnya.

Disampaikan pula, di areal Sasana Budaya terdapat bangunan kantor yang ditempati oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli. Nantinya, DLH akan berpindah dan digantikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli. Sedangkan DLH akan menempati gedung Kubu, bersama beberapa OPD lainnya. *esa

Komentar