nusabali

Buleleng Vaksinasi Rabies 55.514 Anjing

  • www.nusabali.com-buleleng-vaksinasi-rabies-55514-anjing

SINGARAJA, NusaBali
Capaian vaksinasi rabies di Buleleng saat ini sudah mencapai 70 persen. Tim vaksinasi Dinas Pertanian Buleleng, per 27 Desember 2022, memvaksinasi 55.514 ekor anjing, dari total populasi 80.317 ekor.

Sisa 24.803 ekor anjing yang belum tervaksin sedang dikejar untuk penuntasan satu bulan ke depan. Kepala Dinas Pertanian Buleleng I Made Sumiarta, Rabu (28/12) kemarin, mengatakan vaksinasi anjing di Buleleng ini sesuai instruksi Penjabat (Pj) Bupati Buleleng. Namun Sumiarta optimis penuntasan target vaksinasi rabies ini dapat diselesaikan sesuai waktu. Keyakinan itu disampaikannya karena saat ini Dinas Pertanian sudah menambah tim vaksinasi dari hanya 6 tim, menjadi 10 tim. 16 anggota tim vaksinasi ini dapat memaksimalkan realisasi vaksinasi dari 80 dosis per hari, menjadi 100 dosis per hari.

“Selain itu kesadaran masyarakat untuk memvaksin anjing peliharaannya juga sudah jauh meningkat. Mereka mulai sadar setelah mendengar dan melihat berita bahaya gigitan anjing rabies. Ini juga cukup membantu petugas kami di lapangan. Bahkan beberapa juga datang langsung ke kantor untuk memvaksin anjing peliharaannya,” ungkap Sumiarta.

Sampai saat ini, stok vaksin rabies pun dinyatakan aman. Kabupaten Buleleng mendapatkan dukungan penuh untuk ketersediaan vaksinasi. Sehingga kasus rabies di Buleleng yang tinggi tahun ini, dapat segera diturunkan.

Menurutnya, sejauh ini skema vaksinasi rabies terus disesuaikan dengan kondisi di daerah masing-masing. Pemerintah pun memaksimalkan penanganan dengan partisipasi masyarakat setempat. Skema yang efektif diterapkan sesuai dengan kondisi di daerah masing-masing. ‘’Maka, penanganan rabies ini melibatkan masyarakat seutuhnya. Mulai dari sistem kesadaran, mengedukasi, termasuk dalam penanganannya lokasi di desa,” imbuh dia.

Data Dinas Pertanian Buleleng, populasi anjing terbanyak  di Kecamatan Buleleng, Banjar, dan Sukasada, rata-rata belasan ribu ekor per kecamatan. Meskipun demikian,  capaian vaksinasi di tiga kecamatan ini sudah diatas 70 persen. *k23

Komentar