nusabali

Polisi Rekayasa Lalin di Jalur Bedugul-Tanah Lot saat Pergantian Tahun

  • www.nusabali.com-polisi-rekayasa-lalin-di-jalur-bedugul-tanah-lot-saat-pergantian-tahun

TABANAN, NusaBali
Polres Tabanan akan menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai potensi kemacetan yang terjadi saat momen pergantian tahun 2022.

Tidak hanya rekayasa lalu lintas, jalur alternatif juga disiapkan untuk mengurai kemacetan yang berpotensi terjadi. Dua objek wisata di Tabanan yang kerap diserbu pengunjung saat musim liburan adalah kawasan Bedugul, Kecamatan Baturiti, yang berada pada jalur Denpasar-Singaraja, dan Tanah Lot di Kecamatan Kediri. Kedua objek wisata itu menjadi fokus pengaturan lalu lintas di momen pergantian tahun baru kali ini.

"Penerapannya di Tanah Lot dan Bedugul. Karena jalur menuju dua objek wisata ini diperkirakan berpotensi mengalami kemacetan," jelas Kasat Lantas Polres Tabanan, AKP Kanisius Franata, saat dijumpai di Pospam Ulundanu Beratan, Rabu (28/12).

Secara ringkas ia menjelaskan, jalur dari dan menuju Bedugul akan memanfaatkan shortcut yang telah ada saat ini. Nantinya, jalur pada shortcut menuju Bedugul akan difungsikan satu arah apabila terjadi lonjakan volume kendaraan yang melintas. Sehingga jalur Denpasar-Singaraja yang lama akan dimanfaatkan sebagai jalur limpahan. "Nanti shortcut yang mengarah ke Bedugul akan difungsikan menjadi satu arah. Ini tergantung situasi lapangan nantinya," tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas di simpang Mengwi. Bila dari titik itu terjadi kemacetan, jalur alternatif yang bisa ditempuh salah satunya melalui Desa Perean, Kecamatan Baturiti. "Jalur alternatif berlaku bila terjadi kemacetan di wilayah Badung. Khususnya di simpang Mengwi," imbuhnya.

Khusus untuk jalur menuju Tanah Lot di Kediri, pengemudi bus disarankan untuk melalui Jalan MH Thamrin. Rekomendasi ini disesuaikan dengan kondisi arus lalu lintas di Canggu, Kecamatan Utara, yang dipastikan mengalami kemacetan.

"Masuknya dari Kediri, Jalan MH Thamrin. Keluarnya lewat jalur yang sama tapi nanti tembus di Jalan Wagimin. Ini mengingat jalur Canggu yang mengarah ke Tanah Lot akan krodit," pungkasnya. *

Komentar