nusabali

Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 10 Ditutup, Tahun 2023 Tampil dengan Semangat Baru

Belanja Kain Bali, Rute Wisatawan Diminta Diarahkan ke Art Centre

  • www.nusabali.com-pameran-ikm-bali-bangkit-tahap-10-ditutup-tahun-2023-tampil-dengan-semangat-baru

Tahun 2023 dengan semangat yang baru Dekranasda akan mengkurasi para perajin dan IKM lebih ketat lagi, bagi yang tidak menuruti bisa langsung mengundurkan diri.

DENPASAR, NusaBali

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster resmi menutup penyelenggaraan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 10 Tahun 2022 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali (Art Center) Denpasar, Senin (26/12). Ny Putri Koster berharap rute wisatawan bisa diarahkan ke Taman Budaya Bali (Art Center) agar bisa berbelanja kain Bali.

Dalam sambutannya Ny Putri Suastini Koster mengapresiasi dukungan dari pemerintah, para ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dan kabupaten/kota se-Bali terhadap keberadaan IKM/UMKM Bali. Sehingga IKM/UMKM terdorong cepat dan termotivasi untuk terus berkarya dan berkreasi. Ny Putri Koster menyebut dukungan nyata terhadap program Dekranasda Provinsi Bali ini sebagai wujud sinergitas bersama dalam upaya menjaga kelestarian kain tenun Bali.

Pendamping orang nomor satu di Bali ini mengatakan dewasa ini permasalahan besar sedang dihadapi industri sandang Bali, yaitu terpuruknya industri kerajinan tenun Bali. Hal ini disebabkan karena adanya kesalahan kelola dan pola dalam menerapkannya. Kain tenun yang mestinya beragam sering sekali dibuat seragam. Selain itu, penenunnya dibiarkan orang luar Bali yang membuatnya lalu menjualnya ke Bali dan konsumen tidak tahu lalu membeli dan menggunakannya. Menurut Ny Putri Koster hal tersebut tentu saja akan berdampak signifikan terhadap keberadaan penenun Bali.

Di samping juga pasar dikuasai produk luar, sehingga ekonomi Bali juga tidak akan kuat karena pasar lokal dikuasai produk luar. “Untuk itu kita tidak boleh lalai dan menelantarkan warisan nenek moyang kita, tenun Bali harus kembali berjaya karena Bali sangat kaya akan ragam tenun. Di samping itu, tenun kita sudah memiliki Hak Kekayaan Komunal, sehingga sudah memiliki payung hukum dan diakui keberadaannya,” ujarnya.

Perempuan yang akrab disapa Bunda Putri mengajak masyarakat Bali membangun kesadaran bersama akan tugas dan tanggung jawab bersama dalam melestarikan warisan leluhur. "Kita harus berdamai dengan diri kita sendiri dan mengendalikan urusan bisnis. Jangan semata-mata hanya mengejar untung dan melupakan tugas pokok untuk melestarikan," ucap Bunda Putri.

Untuk itu, Bunda Putri meminta agar para pedagang dan pelaku UMKM ketika berjualan agar mengambil kain tenun dari para perajin kita di Bali.  “UMKM jangan hanya mengejar keuntungan semata tetapi turut serta mengedukasi masyarakat untuk menggunakan kain tenun bukan buatan pabrik. Pelaku UMKM juga didorong untuk mampu menguasai pasar lokal, lalu merambah ke pasar nasional dan menjajaki pasar internasional. Jangan sampai konsumen lokal tidak tahu dan tidak paham akan produk hasil kerajinan daerahnya sendiri,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakan, permasalahan industri sandang di Bali sesungguhnya sudah terjadi puluhan tahun. Namun tidak ada yang menyadari akan hal ini.  “Beruntunglah, Bapak Gubernur Bali Wayan Koster melalui visinya 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali' mengingatkan kita kembali apa yang akan tergerus dan akan bisa hilang ke depannya karena perlakuan kita terhadap warisan nenek moyang. Untuk itu mari lakukan tugas kita bersama melestarikan warisan leluhur. Masyarakat Bali harus ingat akan tugas kita bersama melestarikan dan mengajegkan warisan nenek moyang,” imbuh Ny Putri Koster.

Untuk itu, Ny Putri Suastini Koster juga meminta agar di setiap acara ataupun event yang diselenggarakan di Bali, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional selalu menghadirkan peragaan busana berbahan kain tenun. Di samping juga menampilkan budaya lainnya, seperti tari-tarian serta pertunjukan budaya Bali lainnya.

Dia juga mengatakan selanjutnya akan meminta Gubernur Bali Wayan Koster untuk merancang peraturan, bagi para pengusaha biro perjalanan untuk mengarahkan tamu-tamu mereka ke Taman Budaya Bali (Art Center) dan berbelanja langsung di perajin di sana. “Jadi ke depan pemerintahlah yang akan mengorganisir rute pariwisata di Bali agar bisa bermanfaat bagi semua golongan dan lapisan masyarakat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Bunda Putri menjelaskan rencana renovasi beberapa bagian kecil di Taman Budaya Bali seperti beberapa toilet dan atap, agar para pengunjung lebih merasa nyaman saat berkunjung dan berbelanja. Sehingga rencana pameran IKM Bali Bangkit Tahun 2023 baru akan digelar pada pertengahan bulan Februari.

“Tahun 2023 dengan semangat yang baru tentu Dekranasda akan mengkurasi para perajin dan IKM lebih ketat lagi. Jadi bagi yang tidak menuruti bisa langsung mengundurkan diri,” tegasnya. Pada kesempatan itu juga diumumkan tiga tenant dengan transaksi QRIS terbanyak, yaitu Basudewa, Anom Silver, dan Asosiasi Arak Bali. Sementara pendapatan total tenant selama perhelatan IKM Bali Bangkit menyentuh hingga lebih dari Rp 1,7 miliar. Penutupan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 10 Tahun 2022 ini juga dimeriahkan dengan penampilan peragaan busana dari guru-guru SMA/SMK yang tergabung dalam PGRI Provinsi Bali. *cr78

Komentar