nusabali

29 Warga Klungkung Dapat PENA

  • www.nusabali.com-29-warga-klungkung-dapat-pena

SEMARAPURA, NusaBali - Sebanyak 29 warga Klungkung mendapatkan bantuan Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Salah seorang penerima bantuan rumah sederhana terpada (RST) yakni Putu Dedi Aryawan, 32, warga Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Pengrajin ini juga mendapatkan bantuan mesin profil kayu untuk mengukir papan kayu yang sudah diberi pola, Senin (19/12). Bantuan mesin merupakan rangkaian peringatan Hari Kesetiawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI). 

Menurut Dedi, mesin bantuan Kemensos ini meningkatkan efektivitas pekerjaannya. Dulu untuk memotong papan kayu perlu bantuan teman. “Pekerjaan saya tidak bisa cepat. Saya juga harus bayar ongkos. Dengan mesin ini saya bisa cepat bekerja dan tidak keluar ongkos,” kata Dedi. Pendapatannya tidak menentu. Hasil ukiran dipasarkan di toko bangunan, ada juga dikumpulkan di pengepul.

Terpisah, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan sosial dari Organisasi Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) berupa alat pendengaran, sembako, dan sebuah kursi roda secara simbolis kepada sejumlah masyarakat Klungkung penyandang disabilitas dan KK miskin di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kota Semarapura, Klungkung, Senin (19/12). 

Pemberian bantuan dilaksanakan dalam rangka ikut berpartisipasi pada peringatan HKSN 2022. “Semoga bantuan ini dapat membantu masyarakat disabilitas dan KK miskin di Kabupaten Klungkung,” ujar Bupati Suwirta. Seusai menyerahkan bantuan, Bupati Suwirta mengunjungi stand UMKM di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya. 7 wan

Komentar