nusabali

2023, Honor Pungut Retribusi Naik

  • www.nusabali.com-2023-honor-pungut-retribusi-naik

BANGLI, NusaBali
Honor tenaga kontrak yang bertugas sebagai petugas pungut retribusi di kawasan wisata Kintamani, Bangli,  akan dinaikkan mulai awal tahun 2023. Tahun 2022, honor ini sudah sempat naik.

Kenaikan itu sebagai bentuk reward kepada para tenaga kontrak, terlebih pendapatan dari retribusi naik signifikan. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan honor untuk petugas pungut retribusi pariwisata di Kintamani Rp 1.750.000 per bulan, akan dinaikkan menjadi Rp 2 juta. Tahun 2023, honor ini akan menjadi Rp 2.250.000 per bulan. Selain itu, mereka juga akan mendapat tanggungan BPJS. "Tahun 2023, kami naikkan lagi Rp 250.000 sehingga menjadi Rp 2.250.000," ungkapnya Selasa (27/12).

Dijelaskan, kenaikan Honor tersebut adalah bentuk apresiasi Pemkab Bangli dan DPRD Bangli kepada petugas pungut. Para petugas pungut telah berjasa dalam merealisasikan pendapatan asli daerah (PAD). Pendapatan dari retribusi mengalami peningkatan cukup tajam.

Bupati Sedana Arta mencontohkan target retribusi di kawasan wisata Kintamani pada APBD 2022, Rp 9 miliar. Namun hingga Senin (26/12) sore, retribusi ini sudah mencapai Rp 15,8 miliar. "Hingga penghujung tahun ini tentu pendapatan dari retribusi terus bertambah. Sejauh ini sudah terjadi kenaikan mencapai 170 persen," jelas politisi PDIP ini.

Hingga akhir tahun 2022, pihaknya optimis pendapatan retribusi bisa tembus Rp 16 miliar. Meski demikian, pihaknya tidak menampik, kemungkinan ada retribusi yang belum terpungut optimal. Selain itu, kemungkin masih ada oknum yang nakal. Hanya saja, dengan sistem yang diterapkan saat ini, kemungkinan persentase kenakalannya sangat kecil. "Tentu kami optimalkan kinerja petugas," ujarnya.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini mengingatkan agar kenaikan honor petugas pungut retribusi ini dibarengi dengan peningkatan kualitas kerja. “Meski belum maksimal memperhatikan kesejahteraannya, harapan kami setiap tahun bisa ditingkatkan," tegasnya. Salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas SDM, pihaknya mendatangkan mentor dari salah satu sekolah kepribadian di Bali.

Terkait peningkatan kesejahteraan ASN, Bupati Sedana Arta menyebutkan, tahun 2023, tunjangan untuk ASN juga akan dinaikkan. "Setelah puluhan tahun para ASN di Bangli tidak pernah menerima seragam. Tahun ini, dibagikan kaos olahraga dan pakaian endek yang menjadi ciri khas Bangli," sambungnya.

Dihubungi terpisah, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Bangli I Wayan Sugiarta menjelaskan, kenaikan gaji petugas pungut retribusi di Kintamani tidak terlepas dari peningkatan pendapatan daerah melalui sektor retribusi.  Kenaikan gaji ini berlaku mulai Januari 2023. Jumlah  petugas pungut di kawasan wisata Kintamani 60 orang dan seluruhnya merupakan tenaga kontrak.

"Sesuai kebijakan Bapak Bupati, para petugas pungut ini diberikan reward atau apresiasi berupa peningkatan honor. Selain sebagai reward, kami harapkan dengan adanya kenaikan gaji ini bisa memotivasi para petugas pungut untuk kembali meningkatkan kinerjanya," ujarnya. *esa.

Komentar