nusabali

Tumbang di Laga Pertama, Berjaya di Final

Argentina Negara Kedua Setelah Spanyol di Tahun 2010

  • www.nusabali.com-tumbang-di-laga-pertama-berjaya-di-final

JAKARTA, NusaBali - Argentina sukses menjadi juara Piala Dunia 2022. Tim Tango juga melakukannya secara istimewa karena kalah di laga pertamanya. Di final Piala Dunia 2022, Argentina memenangi adu penalti dramatis lawan Prancis.

Kedua tim berbalas gol sampai skor 3-3 di waktu normal plus extra time, sampai akhirnya berjaya dalam adu tos-tosan dengan skor 4-2. Hasil itu membuat Argentina kini sudah meraih tiga gelar juara Piala Dunia, setelah melakukannya pada 1978 dan 1986. Cuma ada tiga negara yang punya raihan lebih banyak.

Di atas Argentina ada Italia dan Jerman yang sama-sama sudah empat kali juara Piala Dunia. Sementara Brasil bercokol di posisi teratas sebagai negara yang paling sering juara Piala Dunia dengan lima kali berjaya. Perjalanan Argentina juara Piala Dunia 2022 di Qatar tidaklah mulus. Sandungan bahkan sudah dialami dalam laga pertamanya di Piala Dunia 2022. 

Lionel Messi cs mengawali kiprahnya di Piala Dunia 2022 dengan menelan kekalahan 1-2 ketika berhadapan dengan Arab Saudi. Untungnya Argentina kemudian bangkit dan melewati fase grup di posisi teratas. Apa ada negara lain yang juara Piala Dunia usai kalah di laga pertama? Argentina tercatat sebagai negara kedua yang mampu menjuarai Piala Dunia setelah menelan kekalahan di dalam pertandingan pertamanya. 

Sebelumnya sudah ada Spanyol yang lebih dulu melakukannya. Di Piala Dunia 2010, La Furia Roja bangkit dari kekalahan 0-1 atas Swiss untuk kemudian menjuarai grupnya usai menghabisi Honduras dan Chile. Serangkaian kemenangan dengan skor 1-0, termasuk di babak extra time partai final atas Belanda, pada prosesnya mengantar Spanyol jadi juara. Sebelum Argentina juara Piala Dunia 2022 di Qatar, Tim Matador sempat menjadi satu-satunya negara yang juara Piala Dunia usai kalah di laga pertama.

Dilansir detik.com, Argentina sejatinya mengawali Piala Dunia 2022 dengan penuh drama. Di laga awal Grup C pada 22 November, La Albiceleste takluk 1-2 dari Arab Saudi. Lionel Messi bawa timnya unggul duluan, namun Arab Saudi comeback dengan gol Al-Shehri dan Al-Dawsari. Bahkan, rekor tidak terkalahkan di 36 laga Argentina sebelumnya patah juga. Messi cs pun dinilai layak dicoret dari kandidat tim favorit juara kala itu. Argentina dirasa kurang bertaring, cuma jago di kawasan Amerika Latin.

Namun setelahnya, Argentina bangkit. Mereka sapu bersih kemenangan di fase grup dan lewati rintangan di fase gugur kontra Australia, Belanda, dan Kroasia. Di partai puncak, Argentina akhirnya bawa pulang trofi Piala Dunia. Lionel Messi mengukuhkan banyak rekor seperti pemain yang selalu bikin gol di fase gugur, pemain Argentina dengan gol terbanyak di Piala Dunia, sampai pemain dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia. Tak lupa, dirinya dianugerahi gelar pemain terbaik Piala Dunia 2022. Belum lagi, kiper Emi Martinez raih penghargaan sarung tangan emas dan Enzo Fernandez sabet pemain muda terbaik. Dan setelah 36 tahun, trofi Piala Dunia pulang ke Argentina. 7

Komentar