nusabali

Bupati Tebar 2.000 Benih Nila di Embung Getakan

  • www.nusabali.com-bupati-tebar-2000-benih-nila-di-embung-getakan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menabur 2.000 benih ikan nila di embung Dusun Anjingan, Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (27/12) pagi.

Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung Anak Agung Putra Wedana menyampaikan bibit yang ditebar berasal dari kolam pembibitan. Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Klungkung mencanangkan penebaran 20.000 ekor bibit ikan nila di sungai wilayah Kabupaten Klungkung setiap tahunnya.

Populasi ikan di alam bebas kian sedikit, salah satunya akibat penangkapan ikan yang dilakukan oleh oknum dengan cara meracun dan menyetrum. Sehingga ikan dewasa dan kecil pun ikut mati. Setelah populasi ikan kembali berkembang diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan karena kaya akan kandungan gizi Omega-3. Saat ini DKPP hanya melayani penebaran benih ikan nila, tidak menebar ikan lele. Karena lele termasuk ikan predator yang mengancam ikan-ikan lainnya.

Bupati Suwirta mengatakan, masyarakat Desa Getakan dapat memanfaatkan embung untuk keperluan irigasi pertanian, wisata air, hingga spot mancing. “Semoga bibit yang ditebar bisa tumbuh besar dan dapat berguna untuk ketahanan pangan. Masyarakat dapat memanfaatkan embung ini,” harap Bupati Suwirta.

Bupati tetap mengingatkan untuk memperhatikan keselamatan pengunjung, termasuk mempersiapkan badan pengelolanya. Perbekel Desa Getakan, Tjokorda Putra Parwata menyampaikan kegiatan ini dilakukan dalam rangka ikut serta membantu pemerintah menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung. *wan

Komentar