nusabali

Siswa SMPN 4 Singaraja Raih Juara III Lomba Fotografi Nasional

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-4-singaraja-raih-juara-iii-lomba-fotografi-nasional
  • www.nusabali.com-siswa-smpn-4-singaraja-raih-juara-iii-lomba-fotografi-nasional

SINGARAJA, NusaBali - Prestasi membanggakan diraih salah seorang siswa SMP Negeri 4 Singaraja, I Gusti Putu Vioxa Raam Vedanantha Darma. Pelajar kelas VIII Soekarno ini berhasil menjadi peserta terbaik III Lomba Fotografi tingkat Nasional.

Lomba  bertajuk Jurnal Kampus Competition ini diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan, Desember 2022 lalu.

Yang menarik, lomba ini diikuti seribuan peserta dari seluruh Indonesia dengan kategori umum usia 13-45 tahun. Vioxa panggilan akrabnya, pun tak menyangka prestasi yang diraihnya ini karena dirinya masih berusia 13 tahun. "Apalagi saya kan baru belajar fotografi secara serius memasuki kelas VIII dengan mengikuti ekstrakurikuler Spenfour Photography di sekolah. Ya, jadi tak menyangka aja foto yang saya kirim bisa meraih Juara III Nasional, " ujar Vioxa sembari menunjukkan foto bertemakan 'Economic Photography' yang menang tersebut.

Vioxa mengatakan tertarik dengan dunia fotografi karena menjadi seorang fotografer kelihatannya keren dan mengasyikkan. "Saya kan sering melihat fotografer terutama di TV, ya keren dan asyik aja kelihatannya. Karena itu saya ikut ekstrakurikuler fotografi di sekolah," kata siswa kelahiran 4 Januari 2009 ini.

Vioxa mengakui prestasi yang diraihnya ini tak lepas dari tempaan di Spenfour Photography yang diikutinya. "Setiap satu minggu sekali kami diajari tekhnik-tekhnik fotografi seperti bagaimana cara mengambil angel foto yang baik. Kami juga sering diajak turun ke lapangan untuk praktek langsung memotret objek," ujar Vioxa yang juga menyandang gelar 'Bagus Spenfour 2022' ini.

Sementara itu, Guru Pembina Spenfour Photography, Pande Md Dedi Metrawan SPd, mengaku bangga anak  didiknya berhasil meraih prestasi di tingkat nasional. "Prestasi ini berkat kerjasama tim dan dukungan dari semua pihak," ujarnya.

Diakuinya, sejumlah siswa yang masuk Spenfour Photography dan mengikuti lomba ini tak kenal lelah diajak turun langsung ke lapangan. 

Mereka  mencari objek bidikan yang akan diikutkan lomba. "Setelah melalui proses dari tahap awal persiapan lomba mulai pembinaan, berkonsep hingga hunting photo berjam-jam, take objek berganti-ganti, pengambilan angel dari berbagai sudut serta ditambah lagi berpacu dengan cuaca yang tidak berpihak. Alhasil juara nasional pun diraih," ucap Dedi dengan nada bangga.

"Memang ada benarnya, kalimat orang bijak: usaha yang dilakukan disertai dengan doa tidak akan menghianati hasil, faktanya adalah juara nasional pun diraih," imbuhnya.

Sementara itu, pihak sekolah juga mengapresiasi prestasi yang diraih Vioxa yang sudah mengharumkan nama sekolah di tingkat nasional ini. Bahkan sebagai bentuk apresiasi dari sekolah, Vioxa diganjar hadiah berupa uang pembinaan yang diberikan langsung Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Singaraja Putu Budiastana SPd MPd. "Memang tradisi kami di SMPN 4 Singaraja, kalau ada siswa yang berprestasi terutama di tingkat nasional seperti Vioxa ini, kami akan berikan uang pembinaan sebagai bentuk terimakasih telah mengharumkan nama sekolah dan sebagai pelecut semangat siswa agar lebih berprestasi lagi," kata Budiastana.7isu

Komentar