nusabali

Timnas Kroasia Masih Andalkan Pemain Senior

Ogah Pensiun, Modric Bidik UEFA Nations League

  • www.nusabali.com-timnas-kroasia-masih-andalkan-pemain-senior

DOHA, NusaBali - Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic mengatakan dirinya akan tetap mengandalkan beberapa pemain senior untuk UEFA Nations League tahun depan dan kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024.

Dalic mengaku bangga kepada prestasi yang diraih timnya finis urutan ketiga Piala Dunia 2022, usai menang 2-1 lawan Maroko. Prestasi itu membuat Dalic yakin Kroasia memiliki masa depan cerah di kancah sepak bola internasional.

Meski demikian, Dalic masih akan mengandalkan para pemain senior untuk kompetisi UEFA Nations League dan kualifikasi Euro 2024. Menurutnya, Kroasia tidak akan sejauh itu tanpa pemain yang lebih tua. Dia menilai timnya memiliki masa depan yang cerah.

“Kroasia tidak perlu takut. Apakah ini akhir dari sebuah era untuk satu generasi? Ya, kami masih memiliki UEFA Nations League dan kualifikasi Euro. Semua tahu bahwa Kroasia memiliki masa depan yang cerah,"kata Dalic,

Kroasia sendiri lolos ke empat besar UEFA Nations League yang akan dimainkan Juni 2023 bersama Italia, Spanyol dan Belanda.

Dalic menegaskan para pemain Kroasia telah memperlihatkan permainan yang maksimal dan memberikan hasil terbaik yang bisa diraih. Satu hal yang ditegaskannya, semua pemain ingin pulang ke Kroasia sebagai pemenang.

"Mereka bermain dan kembali melakukan sesuatu yang besar, tetapi kami adalah negara kecil dengan mimpi besar dan selamat untuk semua orang," ujar Dalic.

Dalic juga bicara mengenai kapten tim Luka Modric, yang menjadi nyawa di lini tengah timnya. Ada potensi pemain Real Madrid itu akan segera pensiun dari sepak bola internasional.

Namun, Dalic berharap itu tidak dalam waktu dekat. Bahkan Dalic berharap Modric masih mau tampil bersama Timnas Kroasia di Euro 2024.

“Dia kapten kami. Dia suara besar dan bermain fantastis di turnamen ini. Dia berusia 37 tahun, tapi bermain seperti berusia 25 tahun. Luka (Modric) pemimpin kami dan semua orang mengikutinya," ujar Dalic.

Keinginan Dalic bak gayung bersambut. Luka Modric sendiri menegaskan, dirinya belum berniat pensiun dari timnas Kroasia dan siap membela negaranya di UEFA Nations League pada 2023 dan Euro 2024.

"Itu rencananya," kata Modric, saat ditanya apakah dia berniat untuk tetap bermain sepak bola internasional. Modric (37) mencatatkan penampilan ke-162 saat Kroasia meraih peringkat ketiga Piala Dunia 2022 .

"Tidak masuk akal untuk tidak bermain di Nations League dan kemudian kita akan lihat bagaimana kelanjutannya. Saya pasti ingin bertahan untuk Nations League," kata Modric.

Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022 harus terhenti di semifinal oleh Argentina. Namun Modric bersikeras, negaranya kini bisa disebut tim kuat di kancah sepak bola internasional.

Meski Modric berniat tetap bermain di level internasional, pelatih Zlatko Dalic mengakui waktu terus berjalan untuk pemain senior lainnya. *

Komentar