nusabali

Natal Nusantara Puspem Badung Dikawal Ketat Tiga Ring Pengamanan

  • www.nusabali.com-natal-nusantara-puspem-badung-dikawal-ketat-tiga-ring-pengamanan

MANGUPURA, NusaBali.com – Natal Nusantara kembali diadakan di Puspem Badung pada perayaan Natal tahun 2022, Selasa (27/12/2022), dengan ribuan hadirin dari lintas agama. Faktor keamanan jadi indikator kunci.

Diatensi langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra pada Senin (26/12/2022) pagi, Polres Badung menerapkan tiga lapis pengamanan.

Tiga lapis pengamanan tersebut akan dilakukan dalam sistem ring. Di mana ring satu akan beroperasi di dalam gedung pelaksanaan Natal Nusantara, yakni Balai Budaya Giri Nata Mandala.

Kemudian petugas ring dua beroperasi di setiap pintu masuk gedung. Pengamanan ring dua ini berlaku di berbagai sisi gedung tanpa terkecuali.

Sedangkan untuk ring tiga akan berada di radius parkir dan di luar akses gedung. Ring tiga akan berfungsi sebagai filter keamanan lantaran setiap individu dan kendaraan yang masuk akan dicek menyeluruh.

“Ini kegiatan yang besar dan akan ada banyak jemaat yang hadir. Kami tidak mau menyepelekan situasi yang kondusif selama pengamanan Natal,” tegas AKBP Leo Dedy Defretes pada Selasa (27/12/2022) pagi ketika memimpin apel pengamanan.

Giat pengamanan Natal Nusantara ini, kata AKBP Leo, akan dibackup oleh Unit K9 Polda Bali, khususnya untuk pengecekan kendaraan. Unit khusus satwa Polda Bali ini bakal mengerahkan anjing pelacak andal untuk mengecek kendaraan dan barang bawaan setiap individu.

“Selain Unit K9 Polda Bali, akan ada alat security door dan metal detector untuk mendukung pengamanan pintu masuk,” imbuh AKBP Leo.

Demi menyukseskan acara tahunan rangkaian perayaan Natal di Puspem Badung ini, Polres Badung sebagai lembaga pengendali bakal menurunkan 268 personel gabungan. Personel gabungan ini terdiri dari unsur pengamanan swakarsa, desa adat, Banser NU, dan instansi terkait dari Pemkab Badung.

Sebagai orang nomor satu di jajaran Polres Badung sekaligus seorang Nasrani, AKBP Leo berharap para jemaat dan hadirin yang datang ke Natal Nusantara dapat berkontribusi dalam ketertiban dan keamanan.

Hal tersebut, kata AKBP Leo, dapat dilakukan mulai dari diri sendiri. Dengan disiplin dan tertib membawa diri selama rangkaian acara berlangsung. *rat

Komentar