nusabali

25 Hari, 280.000 WNA Masuk Bali

  • www.nusabali.com-25-hari-280000-wna-masuk-bali

WNA yang datang kebanyakan berasal dari Australia, mencapai 67.879 orang.

MANGUPURA, NusaBali
Sepanjang periode 1-25 Desember 2022, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ngurah Rai mencatat telah melayani sebanyak 280.0000 wisatawan asing yang masuk melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta,. Dalam catatan itu wisatawan asal Australia yang terbanyak mengunjungi Pulau Dewata.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Sugito, mengatakan sepanjang 1-25 Desember 2022, pergerakan wisatawan mancanegara yang masuk ke Pulau Bali terus mengalami peningkatan. Hal ini juga seiring liburan Natal dan jelang akhir tahun. Menurut Sugito, rata-rata kedatangan wisatawan melalui TPI Bandara Ngurah Rai mencapai 14.000 per hari.

Sugito mengatakan WNA yang datang kebanyakan berasal dari Australia, di mana angkanya mencapai 67.879 orang. Urutan kedua yakni wisatawan asal Singapura dengan total mencapai 30.731 orang. Sementara pada posisi ketiga ada wisatawan dari India yang menyentuh angka 27.876 orang. Kemudian, pada posisi keempat dari Malaysia, yakni 19.490 orang dan posisi kelima dari Rusia sebanyak 14.823 orang. “Jadi lima negara ini menjadi penyumbang terbanyak wisatawan datang ke Bali,” katanya, Senin (26/12).

Meningkatnya kunjungan wisatawan itu merupakan kabar baik bagi masyarakat Bali. Sejak pembukaan kembali Bandara Ngurah Rai untuk penerbangan internasional pada Februari 2022 yang disertai dengan kebijakan keimigrasian berupa Visa on Arrival (VOA) dan Bebas Visa Kunjungan (BVK), jumlah kedatangan wisman ke Bali terus meningkat. Untuk itu, kata dia, Imigrasi berkomitmen mendukung penuh program pemerintah dengan kebijakan keimigrasian yang sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional termasuk kebijakan keimigrasian dalam mendukung pemulihan sektor pariwisata. “Semoga kunjungan wisatawan ini terus meningkat ke depannya,” harap Sugito. *dar

Komentar