nusabali

Pemprov Bali Gelontor Alat Produksi Kuliner

Perkuat Ekonomi Keluarga dan Antisipasi Dampak Inflasi

  • www.nusabali.com-pemprov-bali-gelontor-alat-produksi-kuliner

Setelah sebelumnya memberikan pelatihan di bidang kuliner, kini 34 pelaku UMKM mendapat bantuan peralatan usaha kuliner.

DENPASAR, NusaBali
Pemprov Bali terus mendorong UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Bali makin tangguh, pasca ambruknya ekonomi Bali karena dampak Pandemi Covid-19. Melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemprov Bali menggelontor alat produksi untuk usaha kuliner di Kantor Perbekel Desa Padangsambian Klod, Kecamatan Denpasar Barat, Sabtu (17/12) siang. Selain untuk memajukan para UMKM, bantuan alat produksi ditarget mampu mengatasi dampak inflasi. 

Alat produksi  diserahkan langsung Kepala Dinas Koperasi dan UKM I Wayan Ekadina didampingi Perbekel I Gede Wijaya Saputra. Bantuan alat produksi diberikan kepada 34 pelaku usaha kuliner di Desa Padangsambian Kelod yang sebelumnya telah mendapat diklat (pendidikan dan latihan) teknis keterampilan kuliner pada Agustus lalu. Masing-masing pelaku usaha mendapat 3 alat produksi berupa 1 buah oven, 1 buah mixer, dan 1 buah steamer. 

Kadis Ekadina mengatakan, penyerahan bantuan alat produksi merupakan rangkaian dari pelatihan kuliner ‘Kerthi Boga Santhi’ yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Bali di sejumlah kabupaten/kota. Para peserta tidak hanya diberikan ilmu dan keterampilan melalui pelatihan, namun langsung dibantu alat produksi untuk menghasilkan produk berkualitas. Kata Ekadina, program ini merupakan salah satu program prioritas Pemprov Bali terkait pembinaan UMKM, sekaligus mengatasi dampak inflasi.

“Kita tidak hanya melakukan pelatihan, tapi kita siapkan alatnya. Alat ini dari Bapak Gubernur (Wayan Koster,red) untuk mencapai produk yang berkualitas, menghasilkan produk tanpa hambatan sehingga mampu bersaing secara nasional maupun di daerah sendiri. Selain itu bantuan produksi ini akan mampu memperkuat ekonomi keluarga,” beber mantan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali ini.

Sementara Perbekel Padangsambian Kelod, I Gede Wijaya Saputra mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali atas pelatihan sekaligus bantuan alat produksi yang diberikan kepada UMKM di Desa Padangsambian Kelod. Program tersebut merupakan bukti besarnya perhatian Pemerintah Provinsi Bali terhadap UMKM. “Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Gubernur Wayan Koster bersama Pemerintah Provinsi Bali dan Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali atas bantuan yang diberikan kepada kami,” ujar Wijaya Saputra. 

Salah satu pelaku usaha yang menerima bantuan alat produksi Putu Krisna Hermawan mengatakan, pelatihan dan alat produksi yang diterimanya akan dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga, sekaligus perekonomian Desa Padangsambian Kelod. “Terimakasih atas bantuan dari Bapak Gubernur Wayan Koster. Semoga bantuan ini bisa kami gunakan dengan baik, agar bisa menunjang ekonomi yang ada di Desa Padangsambian Kelod,” ujar Krisna. 7nat

Komentar