nusabali

Kroasia Raih Juara 3 Piala Dunia 2022

  • www.nusabali.com-kroasia-raih-juara-3-piala-dunia-2022

AL RAYYAN, NusaBali - Timnas Kroasia keluar sebagai juara ketiga Piala Dunia 2022. Hasil itu didapat usai Luka Modric cs mengalahkan Maroko 2-1.

Kroasia vs Maroko tersaji dalam duel perebutan juara ketiga Piala Dunia 2022. Pertandingan berlangsung di Khalifa International Stadium, Sabtu (17/12/2022) malam Wita.

Kroasia mencetak gol tujuh menit pertandingan berjalan. Bola tandukan Josko Gvardiol berhasil menaklukkan kiper Maroko, Yassine Bounou.

Maroko membalas dua menit berselang. Sundulan Achraf Dari menggetarkan jala Kroasia, sekaligus mengubah kedudukan imbang 1-1.

Kroasia kembali unggul jelang turun minum lewat gol Mislav Orsic. Babak pertama berakhir untuk keunggulan Vatreni 2-1.

Maroko berusaha mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada, tapi upaya mereka gagal membuahkan hasil. Skor 2-1 untuk kemenangan Kroasia bertahan hingga pluit panjang berbunyi.

Dengan hasil ini, Kroasia keluar sebagai juara ketiga Piala Dunia 2022. Vatreni mengulangi pencapaian mereka meraih medali perunggu pada 1998.

Jalannya Pertandingan 

Kroasia mampu membuka gol kala laga baru berjalan tujuh menit. Skema tendangan bebas apik dari Kroasia. Bola dari lini tengah dikirim ke Ivan Perisic yang memberi bola pantul ke depan gawang. Josko Gvardiol menyambar bola dengan sundulan untuk memperdayai Yassine Bounou.

Maroko bisa menyamakan kedudukan dua menit berselang juga berawal dari tendangan bebas. Bola kiriman Hakim Ziyech yang dihalau Lovro Majer justru mengarah ke Achraf Dari di depan gawang. Dia bisa menanduk bola mendahului Dominik Livakovic.

Pada menit ke-19, Kroasia mengancam. Umpan silang Perisic menemui kepala Andrej Kramaric. Namun, sundulannya masih bisa diamankan Bounou.

Bounou kembali beraksi meredam serangan Kroasia pada menit ke-24. Kali ini, dia bisa membendung tendangan dari luar kotak penalti Luka Modric.

Duel sengit memasuki pertengahan babak pertama. Kroasia mendominasi penguasaan bola. Namun, Maroko siap melepas serangan cepat jika mendapatkan bola.

Maroko punya kesempatan di menit ke-36. Youssef En-Nesyri bisa menanduk sepak pojok Ziyech. Sundulannya tapi masih melebar.

Orsic membawa Kroasia kembali memimpin di menit ke-42. Tanpa kontrol, dia melepas tembakan melengkung dari sisi kiri kotak penalti. Bola sempat menerpa tiang sebelum masuk ke gawang Maroko.

Skor 2-1 untuk Kroasia bertahan hingga babak pertama tuntas.

Selepas jeda, Kroasia langsung mengancam dari tembakan Orsic. Sepakan Orsic membentur salah seorang pemain Maroko hingga berbelok arah. Namun, bola masih melebar tipis.

Tempo sempat menurun di pertengahan babak kedua. Laga kembali sengit di 15 terakhir laga.

En-Nesyri punya peluang kala mendapat ruang di kotak penalti. Livakovic menyelamatkan Kroasia dari kebobolan usai usai menahan tendangan En-Nesyri.
Mateo Kovacic membuang peluang emas pada menit ke-87. Berdiri di depan gawang Maroko, sepakannya justru melebar. 

Maroko hampir menyamakan kedudukan di menit akhir laga. Namun, sundulan En-Nesyri menyambut umpan silang masih melambung tipis.

Skor 2-1 untuk Kroasia mengakhiri laga, demikian dilansir dari detikcom.

Ketika Kroasia ditantang Maroko dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022, maka itu adalah kedua kalinya Kroasia adu tangguh dan adu klinis dalam partai yang sudah pernah mereka alami pada Piala Dunia 1998.

Saat itu mereka menang 2-1 atas Belanda. Mereka finis di tempat ketiga turnamen olahraga terbesar kedua sejagat setelah Olimpiade itu.

20 tahun kemudian Kroasia nyaris membuat kejutan dengan masuk final sebelum dihentikan Prancis yang tahun ini mengakhiri dongeng Maroko dalam babak semifinal lalu.

Maroko sendiri sudah jauh memenuhi ekspektasi mereka. Finis tempat ketiga adalah bonus bagi mereka, walaupun tak bisa dipungkiri sukses mencapai semifinal sempat membuat mereka berambisi menjadi negara kesepuluh yang menjuarai Piala Dunia.

Tetapi dengan status negara Afrika dan Arab pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia sudah membuat mereka pahlawan dan juara untuk ratusan juta orang yang berada di dua kawasan itu.

Maroko juga menjadi inspirasi bagi kekuatan-kekuatan di luar Amerika Selatan dan Eropa bahwa dalam era ini siapa pun bisa mencapai babak puncak Piala Dunia, demikian dilansir Antara.

Perebutan trofi juara Piala Dunia 2022 mempertandingkan Argentina vs Prancis. Laga final digelar di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam Wita. 7

Susunan Pemain

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Stanisic, Josip Sutalo, Josko Gvardiol, Ivan Perisic; Luka Modric, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric (Nikola Vlasic 62'), Lovro Majer (Bruno Petkovic 66'), Mislav Orsic; Marko Livaja (Mario Pasalic 66').

Maroko: Yassine Bounou; Yahia Attiyat Allah, Jawad El Yamiq (Selim Amallah 68'), Achraf Dari (Badr Benoun 64'), Achraf Hakimi; Bilal El Khannouss (Azzedine Ounahi 56'), Sofyan Amrabat, Abdelhamid Sabiri (Ilias Chair 46'), Sofiane Boufal (Anass Zaroury 64'), Youssef En-Nesyri, Hakim Ziyech

Komentar