nusabali

40 Guru SD Ikut Workshop Bahan Ajar Matematika

  • www.nusabali.com-40-guru-sd-ikut-workshop-bahan-ajar-matematika

AMLAPURA, NusaBali - 40 guru SD se-Kecamatan Karangasem mengikuti workshop untuk menyusun modul bahan ajar Matematika, berbasis pembelajaran menyenangkan. Kegiatan ini melibatkan 16 mentor atau pembimbing dan terbagi menjadi 4 ruang kelas.

Ketua K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) SD Kecamatan Karangasem I Wayan Putra memimpin workshop tersebut di SDN 3 Subagan, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Jumat (16/12). Kata dia, dalam workshop tersebut, materi pembelajarannya terbagi-bagi, misalnya untuk praktek berhitung menyenangkan, melibatkan empat mentor, Ni Made Sri Mahendri, I Gusti Ayu Sri Utami, I Nyoman Selamet Nunjaya dan Ni Kadek Suartini.

Materi perbandingan dan skala, empat mentor yang membawakan materi yakni Ni Nengah Marlindawati, I Nyoman Bagus Pradipta, I Komang Suryasa, dan I Wayan Pasek Ardana. Materi bilangan berpangkat dibawakan oleh Kadek Lilik Dwicahyaningsih, Ni Wayan Murni, Ni Luh Sari Suryastini dan Ni Ketut Juni Lestari Dewi. "Nantinya setelah semua guru tuntas membahas materi itu, terkumpul jadi satu, menjadi modul bahan ajar," jelas I Wayan Putra yang juga Kasek SDN 7 Subagan, Kecamatan Karangasem.

Ketua Panitia yang juga Kasek SDN 3 Padangkerta Ni Luh Sari dan Kasek SDN 4 Subagan Ni Wayan Sri Widiantari juga berharap, pembentukan modul ajar berkualitas ini untuk kepentingan bersama. Sasaran terakhir, kata dia, agar guru mampu mendapatkan capaian pembelajaran yang dianalisis jadi tujuan dan  dari tujuan menjadi alur tujuan pembelajaran. Sehingga tercapai KKTP (kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran), yang sebelumnya namanya KKM (kriteria ketuntasan minimal).

Sebelumnya, lanjut Sri Widiantari, bahan ajar namanya RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), kali ini karena berganti kurikulum namanya modul. Modul bahan ajar non cetak, bisa berupa video, tape rekorder, internet, CD dan lain-lain. ‘’Makanya selama workshop ini mengoptimalkan bahan ajar agar mampu menyusun modul yang berkualitas," jelas Sri Widiantari.

Hadir, I Ketut Latri Korwil Disdikpora Kecamatan Karangasem memberikan materi IKM dan PMM (implementasi kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar), sedangkan Ida Bagus Eka Putrawan dan Pande Oka Sumiarka memberikan materi modul ajar. Ida Bagus Eka Putrawan mengatakan, menyusun modul dan bahan ajar, di tiap kecamatan formatnya sama, terpenting memberdayakan merdeka belajar. 7k16

Komentar