nusabali

PD KMHDI Bali Gelar Rakorda dan Seminar Kebangsaan di Gianyar

  • www.nusabali.com-pd-kmhdi-bali-gelar-rakorda-dan-seminar-kebangsaan-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PD KMHDI) Bali terus bergerak mewujudkan pembentukan pimpinan cabang di Gianyar.

Salah satunya dengan dipilihnya Gianyar sebagai tempat penyelenggaraan seminar kebangsaan serangkaian Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) XII PD KMHDI Bali yang berlangsung mulai Jumat (16/12) hingga Minggu (18/12). Rakorda digelar di ruang sidang Kantor Bupati Gianyar.

Seminar kebangsaan menghadirkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gianyar Gusti Ngurah Anom Masta, Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna, dan Ketua Forum Alumni KMHDI Bali Ketut Sae Tanju. Seminar kebangsaan dengan moderator Ketua Biro Kajian dan Isu PD KMHDI Bali I Putu Dika Adi Suantara. Seminar dihadiri Ketua PHDI Kabupaten Gianyar, Kementerian Agama Kabupaten Gianyar, diikuti ratusan peserta dari kader KMHDI se-Provinsi Bali, KNPI, Karang Taruna Kabupaten Gianyar, dan OSIS SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar.

Asisten I Setda Gianyar I Ketut Mudana mewakili Bupati Gianyar Made Mahayastra dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Gianyar sangat mendukung kegiatan PD KMHDI Bali di Gianyar. “Bapak Bupati titip salam, adik-adik tetap semangat. Pemkab Gianyar mendukung penuh kegiatan adik-adik KMHDI,” ungkap Mudana. Dikatakannya, kader KMHDI patut berbangga telah menghimpun diri dalam wadah yang tepat. “Sebuah wadah yang memberi ruang pada mahasiswa untuk ikut aktif dalam aktivitas pembangunan bangsa,” ujar Mudana.

Mudana berharap kader KMHDI dapat mengambil peran melakukan pembinaan sradha bhakti umat Hindu, khususnya generasi muda. Terutama di era globalisasi, ketika terjadi gesekan budaya antar bangsa. “Di sinilah peran KMHDI sangat diperlukan bisa membina generasi muda agar memiliki ketahanan budaya, tidak bertentangan dengan ajaran Agama Hindu,” harap Mudana.

Ditambahkannya, Pemkab Gianyar berterimakasih pada KMHDI sudah memilih Kabupaten Gianyar. “Semoga Gianyar dapat menginspirasi para kader KMHDI dalam tukar gagasan mencetuskan program kerja berkualitas,” ujarnya. Mudana pun merangkul PD KMHDI Bali untuk lebih dekat dengan Pemkab Gianyar. “Tetap koordinasi melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar sehingga kita bisa berkolaborasi di kemudian hari,” sarannya.

Sementara itu, Ketua PD KMHDI Bali Putu Esa Purwita mengatakan, sudah melakukan penjajakan pembentukan pimpinan cabang di Gianyar. “Kabupaten Gianyar punya potensi,” ujar Putu Esa Purwita. Mengapa perlu pembentukan PC ini karena KMHDI merupakan satu-satunya organisasi lingkup kemahasiswaan Hindu bertaraf nasional terbesar di seluruh Indonesia. “KMHDI di Bali paling besar di Indonesia dari segi kuantitas banyak cabang. Mohon doa restu pembentukan pimpinan cabang di Gianyar,” ujarnya.

Ditambahkannya, Rakorda XII ini akan berlangsung hingga Minggu (18/12) di Sekretariat DPRD Kabupaten Gianyar. Tujuannya untuk mengevaluasi program kerja setahun kepengurusan dan menata kembali proker setahun berikutnya. Ketua Forum Alumni KMHDI Bali Ketut Sae Tanju menambahkan, KMHDI punya jaringan luas di tingkat nasional. Maka itu sangat perlu mendekatkan KMHDI pada calon kader dari kalangan OSIS SMA maupun SMK. “KMHDI turut memberi warna di jajaran legislatif maupun eksekutif. Semua akan KMHDI pada waktunya, kita akan terus berjuang agar bisa berkontribusi positif pada masyarakat,” ujar pengusaha muda ini. *nvi

Komentar