nusabali

Gerindra Karangasem Matangkan Pengadaan 3.300 Saksi di 1.650 TPS

  • www.nusabali.com-gerindra-karangasem-matangkan-pengadaan-3300-saksi-di-1650-tps

AMLAPURA, NusaBali
DPC Gerindra Karangasem menggelar rapat konsolidasi menghadirkan fungsionaris PAC se-Karangasem menghadapi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2024, Minggu (25/12).

Pembahasan utama rapat konsolidasi tersebut adalah mematangkan pengadaan 3.300 saksi atau 2 kali jumlah TPS di 1.650 TPS.

“Dua orang saksi tiap TPS, PAC se-Karangasem tinggal menyediakan kader Gerindra yang nantinya bertugas sebagai saksi,” kata Ketua DPC Gerindra Karangasem yang juga Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Suyasa, di Sekretariat DPC Gerindra, Jalan Bhayangkara, Amlapura, Minggu sore.

Menurut Nyoman Suyasa, tiap TPS wajib ada saksi untuk mengawal pendukung Gerindra di Pemilu Legislatif 2024, dan mengawal suara untuk dukungan calon presiden dari Gerindra di Pemilu Presiden 2024.

“Baik di basis lawan maupun di basis dukungan, wajib ada saksi. Anggaran saksi telah siap, tinggal menyiapkan petugasnya,” tambah politisi Gerindra dari Banjar Perasi Kaler, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem.

Tiap saksi disiapkan anggaran Rp 300.000, sehingga total anggaran untuk 3.300 orang saksi sekitar Rp 990 juta.

Ketua PAC Gerindra Abang I Wayan Dana mengaku telah siapkan 350 orang saksi untuk di 175 TPS yang tersebar di 14 desa. “Soal saksi sudah siap, apalagi DPC Gerindra yang membiayai. Saya hanya menyiadpakn petugasnya,” kata Wayan Dana.

Wakil Ketua DPC Gerindra Karangasem I Wayan Parka juga mengatakan, telah menyiapkan 191 orang saksi. “Kan instruksi dari partai agar menyediakan saksi. Sejak tahun lalu, nama-nama saksi yang akan bertugas telah siap,” ucap Parka.

Bahkan Ketua PAC Gerindra Kecamatan Kubu I Putu Deni Suryawan Giri telah menyiapkan 3 orang saksi di tiap TPS yang tersebar di 9 desa. “Saya dapat mandat dari DPC Gerindra menyiapkan 2 saksi di tiap TPS. Saya malah sediakan 3 saksi, untuk mengawal dukungan Gerindra di tiap TPS," kata anggota DPRD Karangasem tersebut.

Begitu juga Ketua PAC Gerindra Kecamatan Selat I Komang Sukasada alias Soglo. “Saya siap 100 persen jumlah saksi dari jumlah TPS yang ada. Terpenting berapa TPS di Kecamatan Selat, kali 2 dari jumlah TPS itu sudah siap.”

Dalam konsolidasi persiapan pengadaan saksi, hadir pula Sekretaris DPC I Komang Dana Adnyana, Bendahara DPC I Putu Sudirga Yusa, dan fungsionaris lainnya.

Dana Adnyana mengatakan, caleg nantinya tidak perlu lagi memikirkan anggaran untuk saksi. Caleg tinggal bergerak menggalang dukungan, menuju kemenangan Gerindra Karangasem di Pemilu Legislatif 2024. *k16

Komentar