nusabali

Koalisi, Demokrat Condong ke Gerindra

  • www.nusabali.com-koalisi-demokrat-condong-ke-gerindra

Untuk persiapan menjelang Pilkada 2018 jajaran kader di Demokrat Klungkung sudah merapatkan barisan untuk menyamakan persepsi.

Demokrat Siapkan 3 Kader untuk Pilkada Klungkung 2018


SEMARAPURA, NusaBali
Partai Demokrat Klungkung menyiapkan tiga kader yang berpeluang untuk maju ke Pilkada Klungkung 2018. Untuk bisa usung calon pada Pilkada 2018 nanti, Demokrat harus jalin koalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat minimal usung calon, yakni 20 persen kursi di DPRD. Dari informasi yang dihimpun, kemungkinan besar Demokrat akan merapat ke Gerindra, partai yang dipastikan akan kembali mengusung paket incumbent I Nyoman Suwirta-Made Kasta (Suwasta) di Pilkada 2018 nanti.

Informasi di internal Demokrat Klungkung menyebutkan tiga kader yang disiapkan untuk tarung Pilkada Klungkung 2018 itu, yakni Ngakan Made Samudra, anggota DPRD Bali dari Dapil Klungkung asal Nusa Penida. Selanjutnya Ketua DPC Demokrat Klungkung Gede Artison Andarawata alias Sony, politisi asal Banjar Banda, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung dan Ketua PAC Nusa Penida I Made Jana. “Mereka berpeluang untuk bertarung dalam Pilkada,” ujar sumber di internal Demokrat Klungkung, Kamis (18/5).

Hanya saja saat ini Demokrat belum memenuhi persyaratan untuk mengusung calon, sebab hanya miliki 3 kursi dari 30 kursi DPRD Klungkung (10,00 persen). Sehingga harus melakukan koalisi dengan partai lain. “Kemungkinan besar akan bergabung dengan partai pengusung incumbent, yakni Gerindra,” ujarnya. Dikonfirmasi terpisah Ketua PAC Demokrat Nusa Penida, I Made Jana tidak menampik nama-nama tersebut berpeluang untuk maju ke Pilkada. Karena harus bergabung dengan koalisi, maka kader akan berporses di koalisi siapa yang akan diusung. Dalam hal ini tetap meningkuti arahan baik dari DPC, DPD dan DPP.

“Kami di internal siap mengusung kader maupun non kader,” tegas Made Jana kepada NusaBali saat dihubungi, Kamis (18/5). Kata dia, untuk persiapan menjelang Pilkada jajaran kader di Demokrat sudah merapatkan barisan untuk menyamakan persepsi. Sehingga apapun nanti keputusan yang diambil bisa diterima dengan baik. Di DPRD Klungkung sendiri Demokrat memang jalin koalisi dengan Partai Gerindra. “Kalau nanti ujung-ujungnya mengerucut koalisi bersama Gerindra, barangkali ke sana arahnya,” kata Made Jana.

Kalau dari partai Gerindra nanti kembali mengusung I Nyoman Suwirta, dan mereka mengambil kader dari Demokrat tentu bisa dipilih kader dari wilayah Klungkung daratan. Karena Nyoman Suwirta berasal dari Nusa Penida. “Hal itu masih berproses, yang jelas politik itu dinamis,” katanya. * wa

Komentar