nusabali

Sekolah Tidak Boleh Double Shift

  • www.nusabali.com-sekolah-tidak-boleh-double-shift

Sekolah tingkat SMA/SMK yang kini menjadi kewenangan provinsi mulai tahun ajaran baru ini tidak diperbolehkan double shift (kelas siang dan sore).

BANGLI, NusaBali
Oleh karena itu, penerimaan peserta didik baru (PPDB) agar disesuaikan dengan kapasitas ruang kelas yang dimiliki masing-masing sekolah.

Hal itu ditegaskan Kasubag Tata Usaha Disdik Provinsi di Bangli Ayu Eka Rostikawati di Bangli, Kamis (18/5). ‘’Tahun ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, semua ditentukan dari provinsi. Aturan dari Provinsi Bali, sekolah tidak diperbolehkan double shift. Berapa ruang sekolah yang dimiliki," ungkapnya.

Kebijakan tidak boleh sekolah double shift untuk menjani mutu pendidikan. Jika itu dilakukan, dikhawatirkan proses belajar mengajar tidak optimal. "Ada kecenderungan guru tidak bisa optimal mengajar. Selain itu jam pelajaran jadi berkurang, biasa 45 menit menjadi 40 menit," jelasnya.

Eka Rostikawati menjelaskan pendaftaran PPDB akan dilakukan secara on line, serta pendaftaran terbagi menjadi beberapa jalur. Di antaranya, jalur lingkungan lokal 10 persen, prestasi 20 persen, jalur keluarga miskin 20 persen, serta jalur reguler 50 persen. "Untuk jalur lingkungan lokal nantinya akan melibatkan masing-masing desa/lurah, seperti rekomendasi," jelasnya. Pendaftaran akan berlangsung 12-14 Juni mendatang. Kemudian pengumuman akan dilakukan 22 Juni, dan peserta didik baru akan melakukan pendaftaran ulang 29 Juni - 1 Juli. "Waktu pendaftaran SMA ataupun SMK bersamaan," imbuhnya.

Salah satu sekolah double shift, SMAN 1 Bangli, tahun lalu jumlah rombel (rombongan belajar) 12, dengan siswa 350. Tahun ini SMAN 1 Bangli menyediakan 7 rombel dengan siswa 252. Penerimaan siswa kuato cukup menurun, berbanding terbalik dengan SMAN 1 Susut. Tahun sebelumnya ada 9 rombel dengan 195 siswa, dan tahun ini menjadi 11 rombel dengan 396 siswa. Sementara untuk SMK kuota penerimaan peserta didik tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. *e

Komentar