nusabali

45 Ribu Pejuang Transportasi dan Pejuang UMKM Diguyur Rp 15,8 Miliar

  • www.nusabali.com-45-ribu-pejuang-transportasi-dan-pejuang-umkm-diguyur-rp-158-miliar

YOGYAKARTA, NusaBali.com – Dalam rangka menyambut Hari Mitra Grab, superapp yang berkembang di Asia Tenggara ini memberikan apresiasi dengan total Rp 15,8 miliar kepada lebih dari 45 ribu ‘pejuang transportasi’ dan ‘pejuang UMKM’ yang diantaranya merupakan Mitra Grab.

Hari Mitra Grab ini digelar di Yogyakarta pada Minggu (11/12/2022) lalu dengan mengundang 1.000 Mitra dari Aceh hingga Papua. Kegiatan ini  menjadi wadah bagi Grab untuk mengapresiasi para Mitra lewat Program Apresiasi Dana Abadi, Grab bekerja sama dengan BenihBaik.com, platform crowdfunding untuk kegiatan sosial. 

Hari Mitra Grab kali ini tidak hanya memberikan apresiasi kepada para mitra, namun juga masyarakat umum yang merupakan pekerja transportasi dan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Lewat Program Apresiasi Dana Abadi ini, sebanyak lebih dari 45 ribu penerima mendapatkan apresiasi berupa dana tunai, beasiswa, motor listrik, hingga mobil.

 “Tujuan diadakannya Hari Mitra Grab sejak pertama kali digelar hingga saat ini masih tetap sama, yaitu menjadikan ajang ini sebagai hari-nya para Mitra,” kata Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia. 

Selain menjadi wadah bagi kami untuk secara konsisten mengapresiasi para Mitra yang telah loyal dan berdedikasi, gelaran tahunan ini juga diharapkan dapat membawa kegembiraan bagi Mitra dengan adanya ragam aktivitas hiburan, mulai dari penampilan dari musisi kenamaan hingga ajang unjuk bakat para Mitra. 

“Kami juga senang Hari Mitra Grab tahun ini diramaikan oleh 1.000 perwakilan Mitra yang berasal dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia yang hadir secara langsung di Yogyakarta,”  kata Neneng.

Adapu rincian apresiasi kepada lebih dari 45 ribu Pejuang Transportasi dan Pejuang UMKM atara lain; Beasiswa GrabScholar bagi 1.158 anak mitra Grab dan masyarakat umum untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK, dan universitas; dana tunai bagi 45 ribu penerima; dana operasional sebesar Rp 25 juta untuk pengembangan bisnis bagi 100 pelaku UMKM; 44 unit motor listrik; dan 4 unit mobil.

Adapun Pejuang Transportasi mencakup pengemudi ambulans; personel Pemadam Kebakaran, Kereta Commuter Indonesia, MRT, TransJakarta, bus AKAP; penjaga pintu Kereta Api; serta pengemudi ojek online yang termasuk Mitra Pengemudi Grab. 

Sementara Pejuang UMKM merupakan para pelaku UMKM di bidang kuliner yang juga termasuk Mitra Merchant Grab.

“Kami senang dapat menjadi bagian dari Hari Mitra Grab untuk Program Apresiasi Dana Abadi. Para pekerja di sektor transportasi dan pelaku UMKM dapat dikategorikan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang kerap terlupakan keberadaannya, padahal kehadirannya sangat berharga dan mempermudah kehidupan masyarakat. Kami berharap apresiasi ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi para penerimanya,” kata Andy F Noya, CEO & Founder Yayasan Benih Baik Indonesia (BenihBaik.com).

“Selama 5 tahun menjadi Mitra Driver, Hari Mitra Grab jadi salah satu acara yang selalu saya tunggu-tunggu. Tahun ini, tidak disangka dapat mobil yang akan sangat membantu saya untuk menambah penghasilan dan bawa  jalan-jalan. Anak  saya juga kaget dan bangga banget sama saya,” ujar Ia Julaeha dari Batam yang turut hadir dalam acara Hari Mitra Grab di Yogyakarta.

Rasa haru juga disampaikan Muhammad Amirudin yang berasal dari Denpasar. “Sejak pandemi, saya terkena dampak yang bisa dibilang signifikan bagi usaha saya, tak sedikit momen-momen saya ingin menyerah dan pengen gulung tikar aja. Tapi adanya pesanan konsumen yang masuk dari Grab memberikan saya harapan, perlahan usaha saya pun kembali pulih. Saya terharu banget bisa mendapatkan dana operasional untuk perluasan outlet, tidak pernah ada dalam bayangan saya bisa nambah tempat usaha.”

Hari Mitra Grab dan Program Apresiasi Dana Abadi merupakan bagian dari inisiatif Grab for Good, yaitu program berkelanjutan jangka panjang untuk memberdayakan lebih banyak masyarakat Indonesia dan memberikan lebih banyak pilihan serta kesempatan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi.

Komentar