nusabali

28 Kasek Pensiun, Disdikpora Siapkan Pengisian

  • www.nusabali.com-28-kasek-pensiun-disdikpora-siapkan-pengisian

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng lakukan kajian untuk pengisian jabatan Kepala Sekolah (Kasek) di jenjang TK, SD dan SMP.

Sebanyak 28 kepala sekolah akan memasuki masa pensiun di bulan Desember 2022 hingga Januari 2023 mendatang. Ada 24 orang diantaranya Kepala SD, 2 orang masing-masing Kepala TK dan Kepala SMP.

Kepala Disdikpora Buleleng Made Astika, kepada NusaBali, Rabu (21/12) kemarin mengatakan, pengisian kepala sekolah yang kosong ini sedang berproses. Disdikpora tidak akan melakukan seleksi khusus. Namun pengisian jabatan manajerial ini betul-betul mempertimbangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten.

“Sampai saat ini kami sudah melakukan 3 kali rapat pertimbangan. Nanti akan diusulkan ke Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) dan berakhir ditetapkan oleh Penjabat (Pj) Bupati,” beber Astika.

Menurut Astika, calon Kasek yang nanti akan diusulkan ke Baperjakat dan ke Pj Bupati adalah guru senior yang sudah memiliki pengalaman cukup selama mengajar dan tata kelola sekolah. Selain itu, peluang yang sama juga terbuka untuk mereka yang sudah lolos sebagai Guru Penggerak (GP).

“Namun kami juga akan mempertimbangkan dari segi pengalaman kerja. Karena dari GP sendiri masih terbatas jumlahnya dan lebih banyak guru muda milenial, kami juga pertimbangkan secara emosionalnya,” imbuh pejabat asal Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak Buleleng ini.

Dia mengakui, untuk menjadi kasek saat ini tidak memerlukan pendidikan dan sertifikasi calon kepala sekolah. Tetapi cukup ditunjukkan dengan prestasi, kinerja, inovasi sebagai guru dan juga loyalitas kepada sekolah tempatnya mengajar.

“Harapannya, awal tahun ini sudah terisi kasek definitif, hasil kajian dan pertimbangan dari kami segera akan diusulkan ke Baperjakat dan Pj Bupati untuk ditetapkan,” tegas dia. *k23

Komentar