nusabali

Wisatawan Cina Terkilir di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-wisatawan-cina-terkilir-di-nusa-penida

Korban berhasil dievakuasi dengan selamat dan dibawa berobat ke Klinik Nusa Medika.

SEMARAPURA, NusaBali

Seorang wisatawan asal Cina, Chiu Way Vivian, 26, terkilir di Pantai Diamond (Diamond Beach), Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (14/12) siang. Akibatnya korban tidak bisa menaiki tangga sehingga harus dievakuasi dengan tandu oleh Tim SAR, Polri, dan TNI. Hasil pemeriksaan tim medis, korban mengalami keseleo pada kaki.

Kasi Humas Polres Klungkung Iptu Agus Widiono mengatakan, kejadian ini bermula pada Rabu sekitar pukul 09.00 Wita, ketika itu korban bersama temannya Leung, 26, asal Cina, tiba di pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida, dengan naik boat. Selanjutnya korban langsung tour dengan mobil yang dikemudikan oleh Wayan Nala Astawa, warga Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem.

Setelah tiba di objek wisata Diamond Beach, korban bersama teman dan sopirnya langsung menuruni anak tangga menuju pantai. Mereka asyik foto-foto, setelah selesai beraktivitas di pantai, korban balik ke atas. "Setiba di sebuah batu, kaki korban terkilir dan tidak bisa naik ke atas. Kejadiannya sekitar pukul 11.30 Wita," ujar Iptu Widiono.

Anggota Tim SAR, Polri, dan TNI datang untuk membantu korban. Selanjutnya korban dibawa ke klinik Nusa Medika menggunakan ambulans. Setelah diperiksa oleh dokter, korban mengalami keseleo pada pergelangan kaki dan tidak ada luka di sekitar tubuhnya. "Korban selanjutnya kembali ke Denpasar dengan menggunakan boat," kata Iptu Widiono.

Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, mengatakan mengerahkan 3 personel dari Unit Siaga Nusa Penida untuk menuju lokasi kejadian. Pukul 13.20 Wita mereka tiba di Diamond Beach, selanjutnya mendekati posisi korban. "Setelah penanganan awal, korban dibawa menaiki anak tangga menggunakan tandu," kata Darmada. Sekitar pukul 14.45 Wita, korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan dibawa menuju Klinik Nusa Medika. "Proses evakuasi melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Koramil Nusa Penida, Polsek Nusa Penida, BPBD Klungkung, Klinik Nusa Medika, dan masyarakat setempat," kata Darmada. *wan

Komentar